Dark/Light Mode

Penularan Corona Tak Terkendali

Kapasitas RS Di Ibukota Cuma Tersisa 13 Persen

Rabu, 20 Januari 2021 06:40 WIB
Seorang anak menjalani tes swab gratis di Puskesmas, Ciganjur, Jakarta Selatan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Seorang anak menjalani tes swab gratis di Puskesmas, Ciganjur, Jakarta Selatan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Untuk tempat tidur isolasi dari 7.548 tempat tidur, terisi sebesar 86 persen dengan total pasien isolasi sebanyak 6.501 orang.

Sedangkan, untuk tempat tidur ICU sejumlah 995, persentase keterisiannya sebesar 85 persen dengan total pasien ICU sebanyak 849 orang.

Pengawasan Lemah

Baca juga : Penjualan Properti Triniti Land Terdongkrak 125 Persen

Anggota Komisi B DPRD DKI, Steven Setiabudi Musa menyesalkan, lemahnya penegakan aturan di DKI selama PSBB ketat.

“Sangat jelas kalau kita lihat di jalan-jalan aktivitas warga Jakarta seperti biasa. Mobilitas warga juga sangat tinggi. Sudah jelas PSBB ketat tidak dihiraukan oleh masyarakat karena lemahnya pengawasan,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, pengawasan ketat cuma dilakukan di beberapa tempat saja. Itu pun, hanya pada tempat-tempat tertentu, seperti kawasan Tanah Abang dan Tugu Proklamasi. Padahal di tempat-tempat lain, masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

Baca juga : Pencarian Kotak Hitam SJ-182 Terkendala Puing Pesawat

“Bagaimana perbaikan, kenyataannya yang terpapar positif semakin meningkat. Selalu di atas 2000-an bahkan beberapa kali meyentuh angka 3000-an kasus positif,” sindirnya.

Ia juga menyesalkan sikap Pemprov DKI yang kerap mengkambing hitamkan hari libur nasional sebagai salah satu klaster peningkatan pasien Covid 19. Padahal, kalau mau jujur, pengawasan di lapangan yang tidak maksimal.

“Liburan itu sudah lewat lama, jangan dijadikan alibi oleh Pemprov.Kalau liburan selalu menjadi patokan, itu bentuk dari malasnya Pemprov DKI memutus rantai Covid 19,” ucapnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.