Dark/Light Mode

Angka Kematian Corona Di Ibukota Tinggi

Kualitas Contact Tracing Diragukan Epidemiolog...

Rabu, 3 Februari 2021 05:15 WIB
Petugas pemakaman sedang menguburkan jenazah dengan prosesur Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Srengseng Sawah Dua, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Petugas pemakaman sedang menguburkan jenazah dengan prosesur Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Srengseng Sawah Dua, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, jumlah tes PCR di Jakarta, tinggi.

“Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 115.224,” ujar Dwi, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Jumlah kasus aktif di Jakarta, kemarin, mengalami kenaikan sebanyak 1.411 kasus. Sehingga, jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 24.793 (orang yang masih dirawat/isolasi). Sedangkan, jumlah total kasus konfirmasi sebanyak 273.332 kasus. Dari jumlah total kasus, orang yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 244.202 dengan tingkat kesembuhan 89,3 persen. Kemudian, total pasien meninggal dunia 4.337 orang atau 1,6 persen. Sedangkan, tingkat kematian Indonesia sebesar 2,8 persen.

Baca juga : Jakarta Bakal Hidupkan Kembali Sanksi Progresif

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 17,4 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 10,2 persen.

13.300 Pemakaman

Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengatakan, sebanyak 13.300 jenazah telah dimakamkan dengan protokol Covid-19 selama pandemi melanda Jakarta. Menurutnya, belakangan ini angka pemakaman dengan protokol Covid-19 di ibukota mulai menurun.

Baca juga : Airlangga Dorong Kemenristek Terus Kembangkan Teknologi

“Tadinya kami makamkan antara 105-107 per hari, sekarang tren menurun dan mudah-mudahan terus menurun, sempat 90 dan 80, cuma sudah di bawah 100, semoga saja turun terus,” tutur dia.

Ivan menyebutkan, saat ini ada tiga Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang bisa digunakan untuk memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19. Yakni, TPU Tegal Alur Jakarta Barat, TPU Bambu Ulung, Bambu Apus, Jakarta Timur, dan TPU Srengseng Sawah 2, Jakarta Selatan.

“Di TPU Tegal Alur, tersisa sekitar 170 petak makam di blok non-Muslim. Untuk TPU Bambu Apus, masih ada 300 petak makam di blok Muslim dari 800 petak makam,” ujarnya.

Baca juga : Angka Kematian Akibat Covid di Inggris, Loncati Angka 100 Ribu

Untuk TPU Srengseng Sawah 2, lanjutnya, baru dibuka. Kapasitasnya masih banyak, ada 1.020 petak. Yang baru terpakai 10 hingga 20 petak. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.