Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sebulan Baru Kelar 12,5 Persen

Duh.., Proyek Jalur Sepeda Di Sudirman-Thamrin Lelet

Sabtu, 3 April 2021 06:05 WIB
Pesepeda melintas di luar jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Minggu (14/3/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Pesepeda melintas di luar jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Minggu (14/3/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, bisa dibilang lelet. Pasalnya, sejak mulai dibangun 1 Maret lalu, baru terealisasi 12,5 persen dari target.

Dari 4.000 planter box, pembatas beton yang digunakan untuk memproteksi jalur sepeda, baru 500 yang sudah terpasang. Sisanya masih memakai traffic cone, corong mirip terompet yang dipakai untuk penanda lalu lintas.

Baca juga : Untungnya, Reshuffle Sudah Lewat

Berdasarkan pantauan, jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer (km) dengan lebar 2 meter di Jalan Sudirman-Thamrin, hanya sebagian yang sudah memakai planter box. Sisanya masih memakai traffic cone, semacam corong oranye yang dipakai untuk penanda lalu lintas.

Kendati jalur sepeda ini terpisah dari jalur umum, tapi tetap tidak steril. Banyak pengendara sepeda motor, yang nekat melintasi jalur yang berada di sisi paling kiri jalan ini.

Baca juga : PLTU Suralaya Pasok 17 Persen Kebutuhan Listrik Jawa, Madura Dan Bali

Menariknya, sekalipun pesepeda sudah memiliki jalur khusus, namun banyak yang memilih untuk melintasi jalur umum. Terutama, pegowes jenis road bike. Mereka yang biasanya bergerombol dan berkecepatan tinggi lebih nyaman melintas di jalur umum.

Malahan, kalau akhir pekan, tak sedikit mobil pribadi dan sepeda motor yang melintas di luar jalur sepeda Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Petugas kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), serta Satpol PP yang melihat pelanggaran itu selalu berupaya mengarahkan pesepeda agar masuk jalur khusus. Meski begitu, tidak sedikit yang mengabaikan arahan itu dan tetap melintas di luar jalur khusus sepeda .

Baca juga : PMN Muluskan Proyek Tol Dan Gairahkan Pariwisata

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Rudi Saptari menjelaskan, planter box belum dipasang semua karena masih menunggu hasil dari kajian uji coba jalur sepeda permanen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.