Dark/Light Mode

Sebulan Baru Kelar 12,5 Persen

Duh.., Proyek Jalur Sepeda Di Sudirman-Thamrin Lelet

Sabtu, 3 April 2021 06:05 WIB
Pesepeda melintas di luar jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Minggu (14/3/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Pesepeda melintas di luar jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Minggu (14/3/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

 Sebelumnya 
Saat ini, Dishub DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sedang mempelajari arus lalu lintas yang terdampak jalur sepeda permanen. Tujuannya agar saat nanti resmi dipasang, jalur sepeda terproteksi dapat dipakai nyaman dan aman oleh para pesepeda.

“Kami masih melakukan kajian agar ketika penerapan bisa berjalan dengan matang dan lancar. Sementara pembatas permanen yang belum dipasang digantikan dengan pembatas jalan kerucut atau traffic cone. Sambil kita melihat bagaimana nih pola pergerakan lalu lintasnya,” papar Rudi di Jakarta, Rabu (31/3).

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Syamsul Mirwan menyesalkan banyak pesepeda yang melintas di luar jalur sepeda khusus.

Baca juga : Untungnya, Reshuffle Sudah Lewat

“Memang jalurnya belum sempurna, tapi dulu kan mereka nuntut jalur sepeda. Ini sekarang sudah kami kasih yang permanen, malah tidak dimanfaatkan,” cetus Syamsul.

Disebutkannya, petugas Dishub DKI Jakarta sudah ditempatkan dan berjaga rutin di sejumlah titik persimpangan jalur sepeda. Petugas juga terus berusaha memastikan jalur sepeda tetap steril dari kendaraan bermotor.

Melaju Kencang

Baca juga : PLTU Suralaya Pasok 17 Persen Kebutuhan Listrik Jawa, Madura Dan Bali

Para pengguna sepeda road bike beralasan enggan menggunakan jalur khusus karena jenis sepeda yang mereka pakai menuntut kecepatan 30 km per jam. Pesepeda lain yang melaju dengan pelan, mengganggu kelancaran laju mereka.

“Kalau santai, lewat jalur sepeda. Kalau lagi ngebut, apalagi barengan, lewat luar jalur. Soalnya di jalur sepeda, ada sepeda lipat yang pelan,” aku seorang pegowes road bike, Hendry.

Namun begitu, dia mengakui, pihaknya menyadari, road bike pun harus masuk jalur khusus. Disarankannya, para pesepeda road bike jika ingin melaju dengan cepat agar tidak menggunakan jalur Sudirman-Thamrin, tetapi wilayah lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.