Dark/Light Mode

Dampak Kebijakan Larangan Mudik

Warga Diramal Serbu Mall Jelang Idul Fitri

Minggu, 9 Mei 2021 06:15 WIB
Suasana Neo Soho Mall di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Suasana Neo Soho Mall di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

 Sebelumnya 
Mulai Lengang

Menjelang penutupan sementara, suasana Pasar Tanah Abang, mulai sepi. Tidak ada lagi kemacetan yang terjadi di sekitar pasar.

Berdasarkan pantauan, tidak nampak parkiran motor liar di trotoar sepanjang jalan di kawasan ini. Lalu lalang kurir barang yang biasa hilir mudik bikin macet, nyaris tidak terlihat. Sepi tak ada penumpukan.

Baca juga : Ajak Demo Tolak Larangan Mudik, Tiga Orang Ditangkap Polda Metro Jaya

Ratusan petugas gabungan seliweran mengamankan kawasan. Baik di jalanan, maupun di dalam blok pasar Tanah Abang. Mereka memantau protokol kesehatan. Polisi tak hanya berjaga dan mengatur lalu lintas. Mereka juga ikutan menertibkan warga yang tak memakai masker dan berkerumun.

Kondisi serupa juga terjadi di Blok B, pengunjung tak terlalu padat. Tak ada kerumunan desak-desakan seperti sebelum diterbitkan. Di setiap kios, hanya terlihat satu dua calon pembeli yang sedang memilih barang dagangan.

Pedagang celana salah satu kios pakaiam busana muslim di Blok B, Husni, mengaku bersyukur Pasar Tanah Abang tahun ini tetap beroperasi. Tak seperti tahun 2020 yang berhenti sama sekali.

Baca juga : UMKM Kudu Dimanja

Namun diakuinya, sebelum ada berita kerumunan, dagangannya laris kenceng. Karena pembeli membludak. Namun, setelah ditertibkan untuk mencegah penularan Covid-19, pengunjung mulai turun.

“Setuju saja diterbitkan, yang penting boleh buka. Sudah lumayan lah, jual ratusan potong sejak Puasa,” aku Husni.

Seperti diketahui, pengamanan pengunjung di Pasar Tanah Abang belakangan diperketat, menyusul peningkatan pengunjung yang berbelanja kebutuhan Lebaran jelang perayaan Idul Fitri 2021. Jumlah pengunjung pada Minggu (2/4) diprediksi mencapai 100 ribu orang. Akibatnya, jalanan macet total dan terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Tanah Abang.

Baca juga : Kebijakan Larangan Mudik Gagal Jika Pemerintah Tak Konsisten

Pemprov DKI Jakarta pun memberlakukan sistem buka tutup Pasar dan Stasiun Tanah Abang untuk mencegah kerumunan. Selain itu, Kereta Api Indonesi (KAI) menghentikan kegiatan menaikkan atau menurunkan penumpang di stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB. Aturan berlaku hingga 12 Mei mendatang. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.