Dark/Light Mode

Dampak Kebijakan Larangan Mudik

Warga Diramal Serbu Mall Jelang Idul Fitri

Minggu, 9 Mei 2021 06:15 WIB
Suasana Neo Soho Mall di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Suasana Neo Soho Mall di Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

 Sebelumnya 
“Kalau mudik kan Anda harus bawa oleh-oleh, kalau sekarang nggak, ya sudah kirim uang saja. Toh, nggak ada perayaan barengan, sehingga baju yang biasanya beli 3 pasang, sekarang 1 pasang saja,” papar Tutum.

Meski begitu, lanjutnya, transaksi di tenant-tenant mali selama bulan Puasa dan Lebaran tetap meningkat jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Bahkan, menurutnya transaksi yang dicetak pada bulan Puasa dan menjelang Lebaran paling tinggi selama pandemi Covid-19.

Tanah Abang Tutup

Baca juga : Ajak Demo Tolak Larangan Mudik, Tiga Orang Ditangkap Polda Metro Jaya

Pasar Tanah Abang akan ditutup selama sepekan untuk perawatan rutin. Pengelola Blok A Pasar Tanah Abang menyebutkan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara ini akan ditutup mulai Rabu (12/5) hingga Selasa (18/5).

“Benar, dalam rangka perawatan rutin gedung seluruh blok. Juga karena libur lebaran,” kata pengelola Blok A Pasar Tanah Abang Heri Supriyatna di Jakarta, kemarin.

Heri mengatakan, perawatan itu meliputi pembersihan area pasar, perawatan suku cadang gedung, dan pembenahan bagian-bagian lain yang harus dilakukan perawatan. Sosialisasi penutupan ini sudah gencar dilakukan kepada para pedagang sejak dua pekan terakhir.

Baca juga : UMKM Kudu Dimanja

“Sudah sejak awal Ramadan, pedagang sudha diberitahu kan,” katanya.

Petugas keamanan Gedung Pasar Tanah Abang, Rohman mengungkapkan, pada Selasa (11/5), pasar masih buka tapi hanya setengah hari. Pedagang akan diminta menutup lapaknya pukul 12.00 WIB.

Sejumlah pedagang Blok A Pasar Tanah Abang mengaku telah mendapat informasi penutupan sementara ini. Pedagang telah mempersiapkan diri sebelum pasar ditutup.

Baca juga : Kebijakan Larangan Mudik Gagal Jika Pemerintah Tak Konsisten

“Jadi terakhir jualan tanggal 11. Katanya juga nggak full, hanya setengah hari. Nggak masalah, tahun ini lebih baik jualannya ketimbang tahun 2020,” kata seorang pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Jum’at (7/5).

Pedagang lainnya di Blok B sudah mulai nyicil merapikan daganganya. “Nggak nambah barang lagi. Ngabisin stok yang ada. Sambil beres-beres sebelum tutup,” ujar Enny, pedagang perlengkapan kasur di Blok B.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.