Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anies Difitnah Terima Rumah Mewah Dari Naga Reklamasi

Minggu, 23 Mei 2021 07:50 WIB
Rumah mewah di Kebayoran Baru yang kabarnya milik Anies Baswedan hadiah dari pengembang reklamasi. (Foto: Instagram @srikandi.indonesia1237)
Rumah mewah di Kebayoran Baru yang kabarnya milik Anies Baswedan hadiah dari pengembang reklamasi. (Foto: Instagram @srikandi.indonesia1237)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak ada angin, tak ada hujan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tiba-tiba digoyang fitnah di medsos, baik di Twitter maupun Instagram. Anies yang selama ini keras dalam urusan proyek reklamasi, dituding terima rumah mewah dari pengusaha reklamasi yang selama ini dikuasai para “naga” itu.

Isu tersebut muncul, sejak kemarin pagi. Tak jelas siapa yang pertama kali menyebarkannya. Awalnya, memang hanya dikicaukan akun-akun tak jelas. Akun-akun tersebut menampilkan sebuah foto rumah mewah dengan gaya Amerika, dengan narasi rumah tersebut diberikan kepada Anies lantaran sudah menandatangani IMB (izin mendirikan bangunan) di pulau reklamasi.

Foto itu menampilkan sebuah rumah berlantai dua dengan dua pilar tinggi di bagian depan, bercat putih dan dihiasi ornamen ukiran warna emas. Pagar hitam setinggi 2 meter, kokoh berdiri di bagian depan. Rumah mewah ini disebut berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga : Roket Palestina Serang Rumah Pejabat Israel

Makin siang, isu ini makin ramai. Foto rumah tersebut makin sering berseliweran di linimasa Twitter dengan narasi senada. Apalagi sejumlah pegiat media sosial macam Denny Siregar dan Ferdinand Hutahaean, ikut mendengungkan isu tersebut.

“Ada isu @aniesbaswedan nerima hadiah rumah dari pengembang reklamasi. Ah, yang benar? Supaya jangan terjadi fitnah, mungkin KPK bisa bantu selidiki,” kicau Denny di akun @dennysiregar7.

Bekas politisi Demokrat, Ferdinand Hutahahean ikut menyingungg isu ini dengan me-retwit kicauan akun @kecebong63 yang mengunggah foto rumah tersebut. “Asli saya penasaran dengan kebenaran info ini,” tulis @ferdinandHahean3. Kata dia, setelah diperhatikan, rumah tersebut mirip dengan rumah yang ada di timur Jakarta milik bandar besi tua.

Baca juga : Terbitkan Ingub, Anies Minta Lurah Pelototin Warga Dari Kampung Halaman

“Atau mirip saja dengan yang di Kebayoran yang kata netizen hadiah dari bandar properti itu. Tapi, saya belum percaya ada suap dengan hadiah rumah mewah itu,” kicaunya.

Akun @narkosun juga ikut meramaikan isu tersebut. “Harga rumah ini kira-kira berapa kali harga bumbu rendang ya??” kicaunya, sambil mengunggah foto rumah tersebut.

Tak hanya di Twitter, foto rumah tersebut bertebaran di linimasa Instagram. Salah satunya di unggah akun @srikandi.indonesia1237.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.