Dark/Light Mode

Anies Difitnah Terima Rumah Mewah Dari Naga Reklamasi

Minggu, 23 Mei 2021 07:50 WIB
Rumah mewah di Kebayoran Baru yang kabarnya milik Anies Baswedan hadiah dari pengembang reklamasi. (Foto: Instagram @srikandi.indonesia1237)
Rumah mewah di Kebayoran Baru yang kabarnya milik Anies Baswedan hadiah dari pengembang reklamasi. (Foto: Instagram @srikandi.indonesia1237)

 Sebelumnya 
Tak hanya foto, beredar pula poster yang berisi foto rumah dengan narasi serupa. Tak semua warganet percaya dengan isu tersebut. Ada juga yang mengira isu ini digulirkan marketing properti untuk memasarkan jualannya. “Marketing property sekarang emang kreatif ngenalin dagangannya,” kicau @barryallen.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi tak bisa diam melihat massifnya peredaran foto tersebut di jagat maya. Lalu, ia iseng melacak foto tersebut dengan aplikasi pencari foto. Dari penelusuran itu diketahui, foto tersebut dicomot dari sebuah situs jual beli rumah. Adapun lokasi rumah itu berada di Cipayung, Jakarta Timur, bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seperti yang dinarasikan.

Baca juga : Roket Palestina Serang Rumah Pejabat Israel

Di akun Twitter milikinya, Ismail menuliskan tutorial cara mencari foto di internet. “Semoga bermanfaat,” cuitnya di akun @ismailfahmi.

Kicauan tersebut mendapat 2.444 tanda suka dari pengguna. Sebanyak 400 lainnya menuliskan komentar. Ia lalu mengritik sebagian media yang dengan mudah mengabarkan rumor tersebut. Padahal, kata dia, mestinya media mencari tahu kebenarannya. Bukan menulis ulang rumor.

Baca juga : Terbitkan Ingub, Anies Minta Lurah Pelototin Warga Dari Kampung Halaman

“Yang ini media bukan jadi suluh kebenaran, malah bikin viral rumor. Ini yg bikin publik kurang percaya media,” ujarnya.

Bagaimana sikap Anies? Sampai kemarin, mantan rektor Universitas Paramadina itu, belum berkomentar. Tapi pendukung dan orang terdekatnya mencak-mencak mengetahui fitnah tersebut. Komisaris Ancol yang juga pendukung Anies, Geisz Chalifah sampai emosi.

Baca juga : OSO Dan LaNyalla Panaskan 2024

“Nih kaum otak dikit kalau mau fitnah belajar dulu,” kicaunya, menyoal rumah tersebut ternyata dicomot dari situs jual beli properti. Lokasinya pun bukan di Jakarta Selatan tapi di Jakarta Timur. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Ismail Fahmi karena sudah menelusuri foto tersebut. “Fitnah mereka berakhir dengan sangat memalukan,” kicau @GeiszChalifah.

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Tatak Ujiyati menegaskan, kabar Anies menerima rumah mewah dari “Naga” reklamasi adalah fitnah jahat. Anggota TGUPP bidang pencegahan korupsi ini memastikan, bahwa rumah tersebut bukanlah milik Anies.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.