Dark/Light Mode

Kasus Kematian Pasien Covid-19 Naik 10 Kali Lipat

Pasukan Oranye Ikut Bikin Peti Mati Dan Kubur Jenazah

Kamis, 8 Juli 2021 06:20 WIB
Petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) saat membuat peti jenazah untuk pasien Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (6/7/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) saat membuat peti jenazah untuk pasien Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (6/7/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
“Itu memang bagian tugas pelayanan Dinas Pertamanan, berikut pengantaran ke TPU yang ditunjuk,” kata Mila.

Dijelaskannya, peti untuk jenazah Covid-19 diberikan gratis. Layanan ini sudah berjalan sejak pandemi Corona pertama kali muncul di di Indonesia atau sekitar Maret 2020. Distribusi peti mati dilakukan melalui fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Puskesmas, hingga 42 kecamatan se-DKI Jakarta.

Baca juga : Tekan Risiko Kematian Pasien Covid-19, WHO Rekomendasikan Obat Radang Sendi Actemra Dan Kevzara

Selain peti gratis, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta juga menyediakan kendaraan untuk angkut jenazah Covid-19. Layanan angkut jenazah tersebut dapat diakses melalui nomor hotline yang bisa dihubungi via telepon.

“Sudah terhubung ke Dinas Pertamanan. Jadi kalau ada pasien yang meninggal karena Covid, sudah terkoneksi dan terhubung dengan Dinas Palang Hitam,” kata Mila.

Baca juga : Pandemi Covid-19, Guardian Tawarkan Diskon Produk Perawatan Dan Kecantikan

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut, ada 803 warga yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 selama dua pekan terakhir.

“Data pemakaman dengan protokol Covid-19 di DKI Jakarta dari 1 Mei sampai 3 Juli 2021, jumlahnya meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan pada awal Mei 2021,” kata Riza. saat meninjau TPU Rorotan, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Baca juga : Alhamdulillah Ya...Ikan Sepat Ikan Gabus, Makin Cepat Makin Bagus

Riza mengingatkan, warga Ibu Kota terus disiplin menjalankan protokol kesehatan sembari Pemerintah meningkatkan testing, tracing, dan treatment (3T).

“Sudah banyak saudara-saudara, sahabat, teman kita dikubur di TPU Rorotan maupun Tegal Alur. Ayo terus berdisiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.