Dark/Light Mode

Tindaklanjuti Keluhan, Sambangi Ke Kantor Samsat

Satgas Klaim Tidak Temui Praktik Pungli

Jumat, 10 September 2021 06:45 WIB
Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) menyambangi Kantor Samsat DKI Jakarta, Selasa, (7/9/2021). (Foto: Antara)
Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) menyambangi Kantor Samsat DKI Jakarta, Selasa, (7/9/2021). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Disebutkannya, ada lima parameter dalam penilaian Kota Bebas Pungli. Yakni, Sumber Daya Manusia (SDM), operasional, sarana dan prasarana, penganggaran, serta inovasi dan kreasi. Untuk itu, semua jenis pelayanan publik harus dipastikan bebas pungli.

“Nanti ada tim akan melakukan penilaian dan kunjungan secara acak. Paling tidak, kalau sudah baik, lanjutkan dengan baik dan apa adanya. Prinsipnya, kami ingin mendukung bahwa pelayanan di Samsat ini memang sudah bagus dan memperhatikan kenyamanan masyarakat,” terangnya.

Baca juga : Ada Pemutihan Denda, Samsat Kota Bekasi Tegaskan Tak Lakukan Pungli

Nirwan menegaskan, Satgas Saber Pungli tidak akan lengah. Akan selalu menjalankan fungsinya seperti intelijen, melakukan pencegahan, penindakan, dan yustisi untuk memastikan kualitas pelayanan publik di Jakarta bebas pungli. Khususnya Kantor Samsat, pelayanan terpadu antara unsur Pemda, Polri, Perbankan, dan Asuransi.

“Kami akan berlomba bukan hanya Samsat yang bisa bersih, tetapi pelayanan-pelayanan lain. Seperti, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kependudukan dan Catatan Sipil,” paparnya.

Baca juga : Tindaklanjuti BPK, Kominfo Didesak Stop Proyek Pemborosan

Belakangan ini, pungli saat mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Kantor Samsat DKI Jakarta menjadi perbincangan di Twitter. Banyak warganet mengeluhkan pungli.

Warganet pemilik akun @RickyHutadjulu berkicau, “Pajak 5 tahunan, bayar esek-esek, bayar jasa yang esek-esek, ambil pelat baru. Pengalaman dua bulan lalu di Samsat daerah Pademangan. Nggak tahu pungli apa nggak soalnya ada kata seiklhasnya kecuali beli formulir esek-esek Rp 20 ribu.”

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Di Rusun Petamburan, Ketua Satgas: Ayo Ajak Keluarga Divaksin

Pemilik akun @dijeslalu-dihati juga bercerita tentang pengalamannya mengurus perpanjangan STNK. “Pengalaman urus sendiri di Kebon Nanas, Jakarta Timur, lancar. Ada 3 yang perlu dibenahi atau ketegasan. 1. Jasa gesek nomor, 2. Perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) masih ada penawaran pakai cek kesehatan apa langsung foto. Beda Rp 25.000 seh, 3. Masih banyaknya jasa pengurusan dan penjualan alat tulis kantor (ATK) di dalam lingkungan kantor.”
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.