Dark/Light Mode

Realisasi Penerimaan DKI Baru 62 Persen

Penerimaan Pajak Hiburan Nyungsep

Selasa, 26 Oktober 2021 07:00 WIB
Ilustrasi pajak. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pajak. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, penerimaan pajak restoran terkumpul Rp 1,5 triliun atau 38,34 persen terhadap target tahun ini senilai Rp 4 triliun. Realisasi penerimaan pajak hotel senilai Rp 607,2 miliar atau 41,88 persen terhadap target APBD 2021 senilai Rp 1,4 triliun.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta, Lusiana Herawati mengimbau agar warga segera membayar tagihan PBB-P2 sebelum lewat jatuh tempo pada Jumat pekan depan (29/10). Pembayaran sebelum jatuh tempo membuat warga terhindar dari sanksi administrasi.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila

“Kami mengimbau agar warga DKI Jakarta yang belum membayar PBB-P2 tahun 2021, segera melunasi kewajiban PBB-P2 untuk membantu pemulihan ekonomi di DKI Jakarta,” ujar Lusiana, Jumat (22/10).

Menurutnya, batas akhir pembayaran PBB-P2 tahun 2021 di DKI Jakarta telah ditetapkan pada 29 Oktober 2021. Penundaan pembayaran kewajiban perpajakan akan berdampak pada tertundanya beberapa program pelayanan dan pemulihan ekonomi yang telah ditetapkan.

Baca juga : Kementerian PUPR Targetkan Pengelolaan Tol Berkelanjutan Tercapai 2024

Tidak hanya itu, PBB-P2 merupakan salah satu jenis pajak daerah yang memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Perlu diketahui, pembayaran PBB-P2 yang dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo oleh wajib pajak akan sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan program-program pelayanan dan penanggulangan Covid-19.

Bagi warga yang melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo dapat menghindari denda administrasi sebesar 2 persen per bulan.

Baca juga : KPK Dalami Penerimaan Uang Haram Bupati Probolinggo Dan Suaminya

Program Prioritas

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut, penerimaan pajak masih jauh dari target akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Karena itu, dia meminta, Pemprov DKI mengutamakan pembiayaan untuk program prioritas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.