Dark/Light Mode

Rem Mobilitas Warga

Tempat Wisata Di Jakarta Mesti Ditutup Saat Nataru

Senin, 1 November 2021 07:05 WIB
Ilustrasi warga saat berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi warga saat berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provisi (Pempov) DKI Jakarta sebaiknya menutup tempat wisata berbarengan dengan periode penghapusan cuti bersama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Kebijakan itu dibutuhkan untuk memastikan target Pemerintah Pusat menekan mobilitas masyarakat pada momen tersebut berjalan mulus.

Saran itu disampaikan Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah.

Baca juga : Zulkifli Santai

“Kebijakan menghapus cuti akan percuma jika mobilitas masyarakat tidak dibatasi. Apalagi, setiap akhir tahun biasanya masyarakat menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata,” ungkap Trubus saat dihubungi, kemarin.

Dia menuturkan, Pemerintah sudah melonggarkan kegiatan masyarakat. Termasuk, tempat wisata. Ada potensi masyarakat bakal mengunjungi tempat wisata pada saat hari libur. Diyakininya, menutup tempat wisata dan tempat perbelanjaan, bisa mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Menkominfo Minta Warga Tetap Disiplin Prokes Di Angkutan Umum

Jika tak mungkin ditutup, lanjutnya, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus diperketat. Selain itu, pengunjung harus dibatasi. Sebaiknya hanya 60-70 persen dari kapasitas normal.

Selain itu, Trubus mendorong Pemprov DKI mempercepat vaksinasi Covid-19. Karena, masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi dosis ketiga sebaiknya juga dikebut.

Baca juga : Akhirnya, Anies Dengerin Suara Sahabat Setia

“Kalau bisa vaksinasi ketiga atau booster segera dilakukan, karena saat ini efektivitas vaksinasi sudah mulai menurun,” ujar Trubus.

Trubus juga meminta, Pemprov DKI memberikan sanksi keras terhadap pelaku pelanggaran aturan. Jangan hanya sekadar teguran lisan atau denda administrasi saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.