Dark/Light Mode

Bersih-bersih Stadion GBK

Jak Mania Raih Pujian

Selasa, 11 Desember 2018 13:12 WIB
Supporter The Jak Mania saat menyaksikan pertandingan Persija melawan Mitra Kukar, Minggu (9/12) kemarin. (Foto: IG @jakmania.culture)
Supporter The Jak Mania saat menyaksikan pertandingan Persija melawan Mitra Kukar, Minggu (9/12) kemarin. (Foto: IG @jakmania.culture)

 Sebelumnya 
@Idham165 berharap aksi bersih-bersih yang dilakukan Jak Mania bisa menjadi budaya bagi semua suporter Indonesia. “Salut. Semoga menjadi budaya Indonesia kedepannya,” harapnya kemudian ditimpali @YangSepuh. “Bangga padamu Jak Mania!”

Sama, @EdyAryanto7 juga berkeinginan apa yang sudah dilakukan Jak Mania tidak berhenti saat ini saja. Diharapkan bisa terus dilakukan di setiap pertandingan. “Yang begini mesti dijadikan budaya. Budaya-nya khas Indonesia,” dia menuturkan.

Baca juga : Terobsesi Jadi Wanita Tergemuk Di Dunia

Pujian lanjutan datang dari @jajangsv. Ia salut dengan sikap dan perilaku Jak Mania yang sudah berubah lebih baik dan dewasa. “Syukurlah kalo the Jak sudah makin dewasa. Salut buat the Jak. Jadilah pelopor suporter yang baik. Sayangi kota Jakarta,” pintanya.

@Aden40237623 yakin sikap Jak Mania akan menularkan kepada tim sepak bola lainnya. “Bravo jakmania .... Keteladanan itu yang dibutuhkan negeri ini bukan pencitraan.” @roymz_13 bahkan mengusulkan agar aksi bersih-bersih stadion dijadikan tradisi dalam dunia sepak bola. Kalau bisa dibuat aturannya agar para suporter bersih-bersih sehabis pertandingan. “Dijadiin kebiasaan aja di sepakbola kita. Yang menang bersih-bersih stadion. kalau seri duaduanya kerja bakti,” sarannya.

Baca juga : Air Bersih Di Daerah Bencana Dijamin

Dukungan bukan hanya dari pendukung Persija, @OyotPuteh yang mengaku dari Bonek mengaku salut dengan Jak Mania. “Saya  Bonek, menyatakan salut buat The Jack dan selamat buat Persija,” pujinya. Sementara @indones63691926 meminta kepada Jak Mania agar konsisten menjalankan aksi-aksi sosial. Jangan melakukan bersihbersih karena timnya ingin menjadi juara.

“Tapi kalau kalah jangan ngamuk-ngamuk. Saya yang tak suka liat suporter habis kalah ngerusak fasilitas umum. Menang/kalah sudah hal yang lumrah dalam pertandingan. Kalau menang Alhamdulillah, kalau kalah ya enggak masalah. Kasih motivasi biar main lebih hebat lagi itu baru betul,” katanya.

Baca juga : "Ahok Jangan Bandel"

Ternyata ada juga netizen yang tidak suka dengan aksi Jak Mania. @kiagenglamong misalnya mengatakan, para pendukung Persija melakukan aksi sosial bersih-bersih karena mau merayakan kemenangan. “Coba kalah, ancur itu GBK,” sinisnya. Menguatkan komentar @kiagenglamong, @iday_karaoke juga mempunyai pandangan bahwa aksi bersih-bersih itu karena mau merayakan juara.

Coba kalau tidak ada perayaan kemenangan pada bringas. “Bersih-bersih karena ada perlunya.” @suhud_harit melanjutkan, aksi bersih-bersih jangan karena mau jadi juara, tetapi harus konsisten “Kebersihan itu sebagian dari iman, bukan sebagian dari mujahid 212.” [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.