Dark/Light Mode

Panglima TNI Silaturahmi Ke Kapolri

Kemesraan Ini Tidak Akan Pernah Berlalu

Rabu, 24 November 2021 07:45 WIB
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa melakukan pertemuan di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (23/11/2021). (Foto: Divhumas Mabes Polri)
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa melakukan pertemuan di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (23/11/2021). (Foto: Divhumas Mabes Polri)

 Sebelumnya 
“Nanti mudah-mudahan minggu depan saya akan ke Papua, akan kita umumkan di sana. Itu utamanya,” ujar eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Sigit yang berbicara setelah Andika, mengaku gembira dengan kunjungan Panglima TNI yang baru. Dia memastikan pihaknya bakal membantu kerja Andika dalam memimpin institusi TNI. “Tentunya banyak hal yang kita diskusikan bagaimana beberapa hal yang akan kita tingkatkan ke depan, seperti sinergitas soliditas TNI-Polri,” papar Sigit.

Baca juga : Wanita Nikahi Diri Sendiri, Akhirnya Cerai

Dia tidak menampik ucapan Andika yang menyebut banyak tugas yang harus dikerjakan bersama-sama. Seperti penanganan pengendalian Covid-19. “Bagaimana kita sama-sama selesaikan tugas yang selama ini menjadi tugas diberikan oleh pemerintah, khususnya Pak Presiden pada kami berdua, kepada TNI-Polri seperti akselerasi terkait progres vaksinasi yang saat ini sedang kita kejar mencapai 70 persen di akhir Desember,” jelas mantan Kabareskrim itu.

Tak hanya itu, Sigit memaparkan, keduanya juga membahas soal perubahan paradigma dalam penanganan gangguan kriminalitas, seperti di Papua dan Poso. “Dan juga kegiatan lain, tentunya akan terus kita bangun, kita tingkatkan untuk memperkuat, membesarkan apa yang selama ini sudah kita jalin, khususnya dalam hal sinergitas dan soliditas,” terang dia.

Baca juga : Bupati Kediri Pelototin Pengisian Perangkat Desa

Untuk penguatan sinergitas dari tataran atas hingga ke bawah, Sigit menyebut soal pelaksanaan pendidikan antara prajurit TNI-Polri yang selama ini sudah berjalan dengan baik. “Kami siap terus bekerja sama, bersinergi tingkatkan soliditas untuk menjaga stabilitas keamanan negara keamanan masyarakat dan juga sukseskan program pemerintah,” tutur mantan Kapolda Banten itu.

Pengamat Intelijen dan Keamanan dari UIN Jakarta, Robi Sugara menilai, budaya saling mengunjungi antar-lembaga merupakan tradisi positif. Siapapun yang baru memimpin, khususnya di jajaran TNI-Polri, harus saling sowan. “Karena upaya menjaga pertahanan dan keamanan bangsa ini terlihat dari kuatnya sinergitas TNI-Polri,” tekan Robi saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Andika Rahasiakan Pesan Dari Jokowi

Ke depannya, dia berharap, Andika juga mengunjungi berbagai ormas keagamaan. Mengingat polarisasi konflik telah nyata terjadi di tengah-tengah masyarakat. “Seorang pimpinan di TNI Polri yang baru jadi, sejatinya juga mengunjungi pimpinan ormas keagamaan yang cukup berpengaruh. Ini juga salah satu upaya membendung potensi konflik yang berkembang di tengah masyarakat,” pungkas Direktur Eksekutif Indonesia Muslim Crisis Center (IMCC) itu.

Di sisi lain, selebtwit Ferdinand Hutahaean ikut bereaksi melihat pertemuan Andika dan Sigit. “Sejarah akan mencatat, kedekatan pimpinan kedua institusi ini akan membuat dan menjadikan TNI-Polri menyatu, dan bersinergi untuk menjaga pertahanan dan keamanan dalam memberi perlindungan secara menyeluruh bagi masyarakat,” tukas Ferdinand di laman Twitter pribadinya @FerdinandHaean3. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.