Dark/Light Mode

ANRI Puji Pengelolaan Arsip Kemendes PDTT

Gus Halim: Kearsipan Harus Berlandaskan Keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 24 November 2021 20:33 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menerima Piagam Penghargaan dari ANRI atas Peran Serta dalam Pelestarian Arsip yang Bernilai Guna Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yang diserahkan Kepala ANRI Imam Gunarto, Rabu (24/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menerima Piagam Penghargaan dari ANRI atas Peran Serta dalam Pelestarian Arsip yang Bernilai Guna Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yang diserahkan Kepala ANRI Imam Gunarto, Rabu (24/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjelaskan pentingnya pengelolaan arsip yang mengusung prinsip keterbukaan. Hal itu sejalan dengan komitmennya untuk mewujudkan Open Governance dan Open Government di jajaran Kemendes PDTT.

"Bicara masalah kearsipan, harus akuntabel dan transparan. Seluruh jajaran Kemendes harus berkomitmen untuk mengelola arsip secara baik demi kepentingan akuntabilitas dan pelayanan publik," ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Kearsipan di lingkungan Kemendes PDTT, yang dihadiri Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto, Rabu (24/11).

Baca juga : BNPB Raih Peningkatan Prestasi Kategori Keterbukaan Informasi Publik

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar menjelaskan, saat ini diperlukan akselerasi kerjasama dalam rangka menjadikan arsip sebagai sumber informasi publik. Sebab, menurutnya, undang-undang tentang kearsipan memiliki keterkaitan erat dengan undang-undang keterbukaan informasi.

"Arsip harus dikelola secara autentik, utuh dan terpercaya, agar menjadi sumber informasi publik yang akurat. Oleh karena itu rekaman informasi kinerja kita di Kemendes tidak bisa lepas dari kearsipan," tambahnya.

Baca juga : Kemendes PDTT Gagas Program Desa Peternakan Terpadu

Sementara itu, Kepala ANRI Imam Gunarto memuji komitmen Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam pengelolaan kearsipan di Jajarannya.

Imam Gunarto mengapresiasi dukungan Menteri Desa PDTT, Sekjen Kemendesa PDTT dan kerja keras para Arsiparis yang luar biasa dalam pengelolaan kearsipan hingga meraih hasil yang Memuaskan.

Baca juga : Kemenkumham: Peraturan Baru Pasti Kita Ikuti...

"Kami apresiasi dukungan yang kuat terhadap kearsipan. Perintah Pak Menteri sangat tegas sekali yaitu Kita harus berkomitmen untuk mengelola arsip secara baik untuk kepentingan akuntabilitas dan pelayanan publik," ujar Imam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.