Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

1 Desember Di Papua

TNI-Polri Siaga 1

Rabu, 1 Desember 2021 07:40 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dijadwalkan akan mendarat di Papua. Kedatangan Andika ini, kebetulan bertepatan dengan perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh 1 Desember, hari ini. TNI-Polri sudah menetapkan kondisi Papua saat ini dalam status siaga 1.

Berbagai apel dan patroli dilakukan aparat kepolisian bersama pasukan TNI menjelang perayaan HUT OPM. Objek-objek vital seperti gedung perkantoran milik pemerintah dan swasta, sekolah, rumah sakit hingga bandara dijaga ketat personel TNI-Polri.

Baca juga : Anggaran Desember Ceria

Penyisiran ke sejumlah wilayah juga ditingkatkan. Selain mencegah adanya aksi-aksi teroris, petugas keamanan juga mengantisipai jangan sampai Bintang Kejora, bendera milik OPM ini dikibarkan.

Kesiagaan personel TNI-Polri bukan tanpa alasan. Dalam sebulan terakhir ini, para teroris Papua ini sudah berulang kali bikin ulah. Menyerang pemukiman penduduk, sekolah, puskesmas hingga menembaki aparat keamanan. Di Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, 2 personel TNI jadi korban dalam serangan yang dilakukan kelompok teroris pada Sabtu (20/11) pagi. 1 orang tewas atas nama Sertu Ari Baskoro, sedangkan yang mengalami luka adalah Kapten Infanteri Arviandi.

Baca juga : Kemenperin Pacu Industri Susu Nasional

Bahkan menjelang perayaan HUT OPM ini, aparat keamanan menemukan indikasi peningkatan aktivitas di kawasan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG). Selama ini, lokasi tersebut memang dikenal sebagai markas dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dan Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Tepatnya berada di Distrik Waris, kaki pengunungan di Kabupaten Keerom, Papua. Selain Keerom, daerah di Papua yang berbatasan langsung dengan PNG adalah Jayapura, Pegunungan Bintang, dan Merauke.

Adanya peningkatan aktivitas OPM membuat Polda Papua menutup sementara perbatasan Indonesia-PNG. Direskrimum Polda Papua, Kombes Faizal Ramadhani menegaskan, penutupan ini untuk meminimalisir adanya aksi pada momen 1 Desember.

Baca juga : Energi Di Dalam Sinergi (1)

“Kami lakukan penebalan di beberapa kabupaten, seperti di Intan Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Nduga, dan Tembagapura (Mimika),” kata Faizal di Jayapura, kemarin.

Kapolda Papua Barat, Irjen Tornagogo Sihombing tidak menampik ada peningkatan penjagaan di Papua jelang HUT OPM. Pihaknya menerjunkan 400 anggota yang terdiri dari personel gabungan Polda hingga Polsek. Selain itu, pihaknya telah mengerahkan personel intelijen untuk melihat situasi dalam agenda kalender kamtibmas. Beruntung, menurutnya untuk situasi Papua Barat hingga saat ini masih relatif aman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.