Dark/Light Mode

Pak Mahfud, Teroris Papua Ngeyel Lagi

Minggu, 31 Oktober 2021 08:15 WIB
Kebakaran di sekitar kawasan Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (29/10/2021). (Foto: Istimewa)
Kebakaran di sekitar kawasan Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (29/10/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pak Mahfud MD lapor, teroris Papua ngeyel lagi nih. Mereka membakar fasilitas Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua. Ayo, sikat saja Pak Menko Polhukam!

Pembakaran dilakukan Jumat (29/10). Sebelum membakar fasilitas bandara, teroris Papua itu, terlebih dulu menembaki Polsek Sugapa dari arah Tower Telkomsel, sekitar pukul 15.38 WIT. Tak tinggal diam, petugas membalas tembakan sehingga terjadi kontak senjata.

Baca juga : Waspada, Covid Bisa Ngamuk Lagi

Di waktu yang bersamaan, polisi mendengar bahwa teroris Papua turut membakar salah satu rumah warga bernama Rian. Sekitar pukul 16.15 WIT, mereka juga menembaki Pos Satgas 521 di sekitar Perumahan Sekretaris Daerah Kabupaten Intan Jaya.

Selang beberapa menit, penyerangan meluas ke beberapa titik lain. Teroris Papua juga membakar gudang, ambulans, hingga mobil tangki air di kawasan Bandara Bilogai. Kontak senjata yang diikuti aksi pembakaran bangunan itu, berlangsung dua jam. Pukul 17.50 WIT, kondisi mulai kondusif dan personel gabungan TNI-Polri kembali ke Polsek Sugapa.

Baca juga : Rapat Dengan Mahfud MD, Menpora Tegaskan PON Papua Berjalan Sukses

“Personel menuju ke TKP pembakaran, saat tiba di Bandara Bilogai, personel mendapat gangguan tembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata. Setelah terjadi kontak tembak personel melakukan pembersihan di lokasi pembakaran,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, kemarin.

Kabar baiknya, tidak ada korban jiwa dari unsur aparat ataupun masyarakat sipil di Sugapa atas serangan itu. Polisi pun tengah melakukan pengejaran terhadap para teroris Papua itu.

Baca juga : Ada Teroris Papua Tobat Karena PON

Komandan Kodim 1705/Nabire Letnan Kolonel, Anjuanda Pardosi mengatakan, teroris Papua juga membakar Kantor Airnav yang berada di kawasan Bandara Sugapa. Ia menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Saat ini, pegawai Airnav sudah mengungsi ke gereja.

Dikisahkan Anjuanda, sebelum membakar, teroris Papua sempat kontak senjata dengan personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Daerah Rawan dari Batalion Infantri 501/BY dan Satgas Belukar. Karena terdesak, mereka membakar Kantor Airnav.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.