Dark/Light Mode

Johan Budi Ketemu Presiden

Pratikno Mentahkan Heboh Reshuffle 812

Kamis, 2 Desember 2021 07:50 WIB
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. (Foto: Setkab)
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
Tak hanya Pratikno, elit parpol dari koalisi pemerintah juga membantah bakal adanya reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Waketum PPP, Arsul Sani menyebut, kalau mau reshuffle, biasanya Jokowi tak mengungkapkan dari jauh-jauh hari.

Berdasarkan pengalamannya, informasi perombakan kabinet jarang dikomunikasikan oleh Presiden Jokowi. Bahkan, lanjutnya, tak diketahui oleh para pimpinan partai politik.

Baca juga : Reshuffle 812 Semakin Hot

“Kemarin-kemarin selama Pak Jokowi, ya, itu tidak pernah diomongkan, termasuk dengan pimpinan partai politik, jauh-jauh hari nggak pernah,” ungkapnya.

Menurut dia, pemberitahuan perombakan kabinet kepada parpol koalisi pemerintah baru dilakukan Jokowi minimal dua hari sebelum hari-H. Ia menuturkan pemberitahuan itu tidak secara menyeluruh, melainkan hanya kepada partai-partai tertentu

Baca juga : Sowan Ke Presiden Tatarstan, Dubes Tavares Mantapkan Kerja Sama Ekonomi

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyerahkan sepenuhnya urusan reshuffle pada Jokowi. Gerindra tidak akan ikut campur soal kebijakan yang merupakan hak prerogatif presiden itu.

“Kami tak berusaha mempengaruhi sama sekali,” kata Muzani.

Baca juga : PAN Sedia Payung Sebelum Reshuffle

Menurutnya, Gerindra menaruh kepercayaan penuh kepada Jokowi untuk me-reshuffle kabinet. Alasannya, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden “Gerindra percaya sepenuhnya kepada Presiden Pak Jokowi untuk melakukan tindakan apa saja sebagai kepala pemerintahan, apakah mau melakukan reshuffle, kementerian apa saja, penggantinya siapa,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.