Dark/Light Mode

Soal Kekuasaan

Para Ulama, Dengerin Nasihat Kiai Ma’ruf Ya!

Minggu, 5 Desember 2021 07:20 WIB
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

 Sebelumnya 
Sementara terkait pemberdayaan ekonomi umat, Ma’ruf mengatakan, hal itu dapat memperkuat umat yang lemah secara ekonomi. “Itu yang sudah diperingatkan Allah oleh kita,” pesan kiai kelahiran Kresek, Tangerang 78 tahun silam itu.

Ia juga mengatakan, kunci keberhasilan umat Islam dalam membangun kekuatan adalah terbangunnya persaudaraan Islam atau ukhuwah Islamiyah. Ukhuwah Islamiyah tersebut, juga harus diikuti dengan ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

Baca juga : Gerindra Ingin Jadi Partai Transparan

“Ukhuwah Islamiyah ini menjadi kunci. Saya kira tema dari Muktamar ini tepat sekali, sebab itu kunci. Tanpa ukhuwah itu kita akan hancur,” tegas Kiai Ma’ruf.

Ma’ruf tidak secara spesifik pesannya disampaikan kepada ulama siapa. Namun, saat ini sedang terjadi persaingan ketat perebutan kursi Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga : Disayang Para Buruh, Dijutekin Pengusaha

Soal Muktamar NU, rapat Harian Syuriyah & Harian Tanfidziyah bakal dilaksanakan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (7/12). Tujuannya untuk membahas waktu pelaksanaan Muktamar di Lampung.

Cucu Pendiri NU Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, Irfan Yusuf Hasyim alias Gus Irfan meminta, seluruh pihak yang hadir dalam rapat menurunkan egonya. “Saya berharap, pertemuan rapat pleno 7 Desember membuahkan kesepakatan yang sejuk dan menenangkan bagi nahdliyin di bawah,” harapnya.

Baca juga : Andi Akmal Harap Nadiem Dengerin Aspirasi Masyarakat

Gus Irfan meminta masing-masing pihak menurunkan ego dan ambisinya. Sebab ia menilai, ego dari kedua belah pihak sangat kentara dan ingin menunjukkan masing-masing paling berhak menentukan tanggal pelaksanaan muktamar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.