Dark/Light Mode

Rahmi Hidayati

Naik Turun Gunung Demi Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Selasa, 7 Desember 2021 08:40 WIB
Rahmi Hidayati dalam talk show RM.id, Senin (6/12). malam. (Fito: YouTube)
Rahmi Hidayati dalam talk show RM.id, Senin (6/12). malam. (Fito: YouTube)

 Sebelumnya 
Mantan jurnalis itu kemudian mengutarakan rencananya. Sekaligus, minta dukungan. Upayanya tak sia-sia. Rahmi cs, dapat akses menuju warga warga di sekitar kaki gunung.

“Kita bahkan dipinjemin halaman kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di situlah pertama kali. Dan ternyata, berlanjut terus. Sudah 20 kali loh ternyata,” bebernya sembari tertawa.

Baca juga : Jangan Remehkan Kenaikan Kasus Covid-19

Rata-rata, dalam satu titik, Rahmi cs bisa memvaksinasi 1.000 orang. ada yang kurang ada yang lebih. misalnya di jalur pendakian Salabintana di Gunung Gede Pangrango yang ketika itu cuma 500 orang. Karena memang waktunya mepet.

Hal ini sempat membuat Rahmi tak pede. Tantangan utama dalam vaksinasi, adalah hoaks, kata Rahmi. Kebanyakan, hoaks yang beredar adalah vaksin haram karena mengandung babi. Diikuti isu vaksin yang berbahaya bagi tubuh. Masyarakat pun takut lantaran termakan hoaks yang beredar sangat deras.

Baca juga : Kapolri: Vaksinasi Jaga Pengendalian Covid-19

Rahmi menceritakan, pernah suatu ketika, jelang 10 hari sebelum event digelar, peserta vaksinasi tidak ada. “Tantangan kita itu hoaks yang beredar. ada titik di suatu daerah tidak mau mendaftar sama sekali,” bebernya.

Tapi rupanya, di wilayah lain, animo masyarakat justru tinggi. “Sayangnya ketersediaan vaksin kita saat itu tidak sampai ribuan,” akunya.

Baca juga : Afrika Selatan Umumkan Varian Baru Covid, B.1.1.529

Seiring berjalannya waktu, masyarakat kian antusias mengikuti vaksinasi. Soalnya, tidak ada masyarakat yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca imunisasi (KIPI) yang berat hingga kematian seperti hoaks yang beredar. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.