Dark/Light Mode

Harta 50 Konglomerat Naik 460 Triliun

Yang Sugih Makin Sugih, Yang Kere Makin Kere

Kamis, 16 Desember 2021 07:50 WIB
Daftar orang terkaya di Indonesia. (Foto: Istimewa)
Daftar orang terkaya di Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Corona yang berlangsung hampir 2 tahun ini, berpengaruh besar pada kocek rakyat. Mereka yang sebelum pandemi memang sudah kaya raya, hartanya tak rontok digigit Corona. Buktinya, harta 50 konglomerat Indonesia naik sampai Rp 460 triliun. Sementara yang kere, usai dihajar Corona semakin bertambah kere.

Selain masalah kesehatan, selama 2 tahun ini, kita dijejali banyak berita tentang banyak pelaku usaha yang bangkrut. Mulai dari kelas kakap, hingga ke pedagang kaki lima. Jumlah orang yang kehilangan pekerjaan karena dipecat terus bertambah. Ditambah lagi dengan banyaknya anak-anak yang menjadi yatim-piatu, karena orang tuanya meninggal karena Corona.

Namun, di tengah kesedihan itu, ada berita yang bikin geleng-geleng kepala. Ternyata, Corona yang sempat bikin ekonomi nasional babak belur, tak berimbas pada para konglomerat. Harta para konglomerat ini tetap saja meroket, di saat pertumbuhan ekonomi nasional anjlok.

Baca juga : Kita Bisa Balikin, Rakyat Nikmatin

Data ini bisa dilihat dari rilis yang dikeluarkan Majalah Forbes, media yang memang fokus menyorot harta konglomerat di belahan dunia. Dalam rilis terbarunya, Forbes membeberkan adanya kenaikan harta yang cukup fantastis bagi 50 konglomerat Indonesia.

Secara umum, daftar para konglomerat ini tak banyak berubah. Dari 10 besar orang terkaya di Indonesia, daftarnya masih itu-itu saja. Misalnya, di posisi pertama, tetap ditempati dua bersaudara pemilih Bos Djarum: Budi Hartono dan Michael Hartono. Lalu disusul keluarga Widjaya, Anthony Salim, Sri Prakash Lohia, lalu “Si Anak Singkong” Chairul Tanjung, dan Prajogo Pangestu.

Menurut Forbes, hampir 40 nama yang ada dalam daftar tersebut mengalami kanaikan kekayaan lebih dari 19 persen dari tahun lalu. Forbes juga mencatat total kekayaan 50 orang terkaya naik 21 persen. Dari 133 miliar dolar AS menjadi 162 miliar dolar AS atau sekitar Rp 2.316 triliun. Sehingga kenaikan harta 50 konglomerat ini selama Corona sekitar Rp 460 triliun.

Baca juga : Harga Cabe Makin Pedes

Memang tak semua pengusaha mendapat cuan di masa pandemi. Ada juga yang boncos. Keluarga Widjaja misalnya. Kekayaan pemilik Sinar Mas Group itu, turun sedikit. Meski begitu, namanya masih nangkring di posisi kedua orang terkaya di RI.

Namun, mayoritas konglomerat justru meraup untung besar di masa pandemi ini. Di antaranya, Hartono bersaudara. Kekayaan Bos Djarum itu kini menjadi Rp 609,18 triliun. Naik 3,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 54,5 triliun. Kenaikan tersebut didorong kenaikan saham BCA.

Raja Indomie Anthony Salim juga dapat cuan di masa pandemi. Kekayaan pemilik Salim Group ini naik 44 persen menjadi 8,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 121,55 triliun.

Baca juga : Yang Dukung Lebih Banyak, Yang Nolak Semakin Sedikit

Selanjutnya, kekayaan Sri Prakash Lohia dari Indorama Corp juga naik menjadi 6,2 miliar atau Rp 88,66 triliun. Ia menempati posisi keempat orang paling kaya di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.