Dark/Light Mode

12 Ribu Anggota Senkom Ikuti Diklatnas Bela Negara

Jumat, 17 Desember 2021 00:13 WIB
Pembukaan Diklatnas Bela Negara Senkom Mitra Polri, di Pusdiklat Senkom Mitra Polri Sawangan, Depok, Kamis (16/12). (Foto: Istimewa)
Pembukaan Diklatnas Bela Negara Senkom Mitra Polri, di Pusdiklat Senkom Mitra Polri Sawangan, Depok, Kamis (16/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945 menyebutkan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara. Kemudian, Pasal 30 Ayat (1) menjelaskan, bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Berangkat dari dua ketentuan ini, Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri menggelar Pendidikan dan Latihan Nasional (Diklatnas) Bela Negara, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Senkom Mitra Polri Sawangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/12). Pelatihan Bela Negara ini diikuti 12 ribu anggota Senkom Mitra Polri.

Baca juga : Ekonomi Digital Terhambat Biaya Internet Yang Mahal

“Keberadaan Senkom sudah diakui sebagai mitra dari berbagai institusi. Dengan Polri kami bermitra dalam hal Kamtibmas, dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Basarnas kami kerja sama dengan Senkom Rescue di bidang kebencanaan, dan dengan Kemhan (Kementerian Pertahanan), kita siapkan anggota Senkom untuk Bela Negara. Itu semua sudah tertuang di dalam MoU masing-masing,” kata Ketua Umum Senkom Katno Hadi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (16/12).

Katno selanjutnya menyampaikan tentang banyak hal yang telah dikerjakan Senkom. Di masa pandemi Covid-19, anggota Senkom di setiap daerah bergerak membantu menekan menyebarnya, mulai dari sosialisasi hingga menjadi tracer di kelurahan-kelurahan dan kecamatan-kecamatan di seluruh pelosok Tanah Air.

Baca juga : Luhut Kecewa Berat

“Termasuk bencana alam yang sedang terjadi akhir-akhir ini. Di Jawa Timur, Gunung Semeru yang memangsa korban, Senkom Rescue turun langsung dari sejak awal kejadian. Di luar Jawa pun demikian, pendek kata sesuai tagline-nya, Senkom siaga saat aman, ada saat dibutuhkan,” ujarnya.

Pada Diklatnas anggota Senkom yang diselenggarakan secara hybrit ini, 300 anggota mengikuti secara luring di Pusdiklat, dan 11.700 anggota mengikuti secara daring di daerahnya masing-masing di 430 Kabupten/kota, 34 provinsi. Acara secara resmi dibuka Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan, Mayjen Dadang Hendrayudha.

Baca juga : MPR Raih Anggota JDIHN Terbaik V Kategori Lembaga Negara

Selain membuka acara Diklatnas tersebut, Dadang memberikan materi tentang Bela Negara. Ia mengaku kagum saat sambutan pembukaannya, sekaligus mengapresiasi dan mengharap organisasi serupa bisa mencontoh Senkom.

Usai pembukaan dan pemaparan dari Dadang, acara selanjutnya diteruskan dengan penandatanganan perpanjangan MoU antara BNN dengan Senkom dan Basarnas dengan Senkom. Usai penandatanganan, pembekalan dari BNN dan Basarnas disampaikan langsung Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.