Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tiru Kantor Staf Presiden (KSP)

Kementerian Diminta Kerahkan ASN Milenial Dukung Vaksinasi

Rabu, 22 Desember 2021 09:21 WIB
Kalangan milenial dari Kantor Staf Presiden (KSP) turun ke lapangan melakukan vaksinasi massal anak-anak di SDN Kebon Kosong 09 Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Ist)
Kalangan milenial dari Kantor Staf Presiden (KSP) turun ke lapangan melakukan vaksinasi massal anak-anak di SDN Kebon Kosong 09 Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inisiatif kalangan milenial di Kantor Staf Presiden (KSP) turun ke lapangan melakukan vaksinasi massal anak-anak di SDN Kebon Kosong 09 Kemayoran Jakarta Pusat, disambut apresiasi Nurkhasanah Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah.

Nurkhasanah mengatakan, inisiatif tersebut hendaknya menjadi pemicu Kementerian dan Lembaga (K/L) negara lainnya untuk melakukan hal serupa guna mencapai target vaksinasi anak  tahun ini.

Dalam pernyataannya, Nurkhasanah mengatakan, dirinya mengakui prakarsa yang dilakukan para milenial KSP tersebut sangat inspiratif. Pasalnya, untuk merebut hati anak-anak SD usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi untuk mencapai target 70 persen sebagaimana dipatok pemerintah, mau tak mau yang harus terjun langsung adalah kalangan milenial.

"Mereka tidak hanya masih penuh ide bagaimana merayu, membujuk anak-anak usia 6-11 tahun, tetapi secara psikologis anak-anak itu pun akan lebih merasa dekat kepada mereka yang relatif muda-muda," kata Nurkhasanah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/12).

Dia tidak membayangkan bagaimana pusingnya personel dari generasi yang relatif senior manakala harus menghadapi anak-anak yang bermacam ragam tabiat dalam karakter kekanakan mereka.

Baca juga : Bangkitkan Semangat Pemuda, Kementerian PPN Dan Kemenpora Gelar Dialog Nasional

"Kalau anak-anak muda milenial kan masih bisa enjoy membujuk, mengiming-imingi, bahkan bermain dengan anak-anak SD yang jadi sasaran vaksinasi tersebut," kata Nurkhasanah.

Nurkhasanah mencontohkan, pada hari Selasa (21/12), sebagaimana diberitakan media-media arus utama, anak-anak muda KSP membujuk anak-anak hingga 400-an anak SD pun bisa divaksinasi.

"Kami sampaikan kepada mereka jangan takut divaksin, biar bisa cepat sekolah dan kumpul lagi dengan teman-teman. Mereka antusias banget kok," kata Nadhira Nisrina salah satu anak muda KSP. Nadhira adalah salah satu Tenaga Ahli Muda KSP yang bersama rekan-rekannya sesama ASN milenial KSP menggelar vaksinasi massal tersebut.

Nadhira mengakui, anak-anak muda di KSP selama ini tidak hanya mendapat  ruang untuk berbagi ide, namun juga berkontribusi langsung dalam mengawal program-program pemerintah.

Nurkhasanah juga mengingatkan bahwa political will dari pimpinan kementerian dan lembaga sangat mempengaruhi bagaimana para staf di bawahnya bertindak dan meneladani. Untuk itu ia juga menyatakan salut kepada Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, yang kepemimpinannnya di KSP memungkinkan tumbuh dan berkembangnya iklim partisipatif dan kreativitas. 

Baca juga : Yuk Bunda, Antarkan Anak Ke Layanan Vaksinasi Covid

"Sebagaimana diakui Nadhira, Pak Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan sangat terbuka dengan masukan-masukan anak-anak muda milenial KSP. Mereka diberikan ruang diskusi soal program-program  pemerintah," puji Nurkhasanah.

Karena itu, Nurkhasanah mengingatkan kementerian dan lembaga lain untuk melakukan hal yang sama, yakni mengerahkan staf anak-anak muda milenial mereka untuk menyukseskan tercapainya target vaksinasi 70 persen. Bahkan, kata Nurkhasanah, terbuka peluang baik untuk melakukan kerja sama antarkementerian-lembaga.

"Dengan begitu, jaringan anak-anak muda milenial di berbagai kementerian dan lembaga ini bisa bertambah besar dan kuat, siap untuk merespons positif dan mendukung kerja-kerja positif pemerintah," kata dia.

Dia yakin, cara tersebut juga akan efektif untuk mengikis ego sektoral yang selama ini seringkali dikeluhkan dalam program-program pembangunan lintas kementerian-lembaga.

Sebagaimana ramai diberitakan, dalam program vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Kebon Kosong 09 Kemayoran, yang digelar anak-anak muda milenial KSP tersebut, pelaksanaannya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain diwajibkan mengenakan masker dan cuci tangan, para siswa SD itu diperiksa suhu dan kondisi kesehatannya, sebelum mendapatkan suntikan vaksin.

Baca juga : Mendagri Minta Tokoh Agama & Adat Dukung Percepatan Vaksinasi

"Kami menyampaikan terima kasih kepada KSP, khususnya Bapak Moeldoko, yang sudah mendorong program vaksinasi anak di sekolah kami. Semoga setelah divaksin, kami bisa lebih maksimal menyelenggarakan PTM. Kasihan anak-anak sudah jenuh di rumah," ujar Kepala SDN Kebon Kosong 09, Lucia Waginem.

Meski anak-anak itu disuntik, pada saat pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, suasana yang ada justru penuh riang gembira. Anak-anak itu terlihat kian gembira karena mendapat cemilan berupa susu Milo, es krim Joyday, dan kue-kue. "Kalau tidak ada snacknya anak-anak bisa kurang semangat, Pak," kata Lucia sembari tertawa. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.