Dark/Light Mode

Aliansi Muda NU Dukung KH As'ad Said Ali Pimpin PBNU

Kamis, 23 Desember 2021 15:34 WIB
KH Asad Said Ali (Foto: Istimewa)
KH Asad Said Ali (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Forum Aliansi Muda Nahdlatul Ulama (NU) Annas NR menegaskan dukungannya terhadap KH As'ad Said Ali untuk maju menjadi Ketua Umum Tanfidziyah PBNU 2021-2026.

"Kami mendukung KH As'ad Said Ali, yang bisa merangkul seluruh elemen di NU," kata Ketua Forum Aliansi Muda NU Annas NR dalam siaran persnya, Kamis (23/12).

Annas mengungkap, KH As'ad Said Ali baru mengungkapkan keseriusan memimpin PBNU, seminggu sebelum Muktamar ke-34 berlangsung di Lampung.

KH As'ad Said Ali mantap maju, setelah para kiai sepuh mendorongnya agar menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU 2021-2026.

Baca juga : Said Aqil Dinilai Optimal Hidupkan NU

Dengan perhitungan cukup matang, KH As'ad Said Ali pun bersedia mencalonkan diri.

"Itulah karakter santri tulen. Jika dapat perintah dari para kiai, pantang baginya menolak," ujar Annas.

Forum Aliansi Muda NU menilai, KH As'ad Said Ali memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi katalisator penyatuan seluruh elemen di tubuh ormas Islam tersebut.

Annas juga membantah tudingan calon lain terhadap KH As'ad Said Ali, yang dianggap terlambat menyampaikan niat dan visi-misi program Calon Ketua Umum Tanfidziyah PBNU.

Baca juga : Guspardi Gaus Dukung Abdullah Ahmad Raih Gelar Pahlawan Nasional

Murid KH As'ad Said Ali tersebut menegaskan, KH As'ad Said Ali tidak mau semua tindakannya didasarkan kepada kepentingan diri sendiri. Apalagi, didorong syahwat politik.

Annas menuturkan, setelah menjabat Wakil Ketua Umum PBNU 2010-2015, KH As'ad Said Ali tetap melakukan kerja-kerja kaderisasi untuk penguatan NU dengan pelatihan-pelatihan sumberdaya manusia, dalam lima tahun terakhir.

Kaderisasi tanpa kenal lelah ini dilakoni demi melaksanakan pesan kiai kharismatik Allahuyarham KH Sahal Mahfudz. Hingga akhirnya, lahirlah KPNU (Pelatihan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama) di seluruh Nusantara.

Kegiatan dilakukan secara mandiri, tanpa sponsor dari mana pun.

Baca juga : Kiai Maruf: MUI Dukung Pemberantasan Teroris, Siapa Pun Pelakunya

"Beliau sudah membuktikan keikhlasan berjuang di jalan yang diyakini akan menjadi ladang amal di kemudian hari," tutur Annas, yang juga mantan aktivis PMII Jakarta. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.