Dark/Light Mode

Kang Emil Puji AQUA Subang Ikut Perbaiki Jalan Rusak

Jumat, 24 Desember 2021 17:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (berkaca mata). (Foto: Dok. AQUA)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (berkaca mata). (Foto: Dok. AQUA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi PT Tirta Investama (AQUA) Subang yang berkolaborasi dengan Pemda Jawa Barat dalam pemeliharaan jalan. Apresiasi itu disampaikan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat meninjau pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan di Desa Darmaga, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, yang merupakan hasil kolanorasi dengan Pabrik AQUA Subang, Kamis (23/12).

Perbaikan kali ini meliputi konstruksi overlay/hotmix panjang 300 meter atau volume 1.740 meter persegi di depan Desa Darmaga dan konstruksi patching dari Pasar Kasomalang sampai Darmaga dengan volume 1.417 meter persegi.

Kang Emil datang ke lokasi dengan mengandarai motor Royal Enfield Classic 500 Battle Green didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono. Kedatangan Kang Emil disambut antusias Pemerintah dan warga Desa Darmaga.

Baca juga : Zulhas Imbau Muballigh Ikuti Perkembangan Zaman

“Ini adalah contoh kolaborasi. Pengaspalan jalan juga bisa dilakukan oleh pihak-pihak lain yang melakukan investasi dan bisnis di Jawa Barat,” katanya.

Kolaborasi seperti sekarang ini, kata Kang Emil, dilakukan melalui kerja sama antara desa, perusahaan AQUA Subang, dan Dinas Bina Marga Provinsi Jabar bisa menjadi contoh teladan kepada semua yang mempunyai bisnis di Jawa Barat. Jika kebetulan infrastruktur di sekitar perusahaan ada masalah, maka bisa menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memperbaiki infrastruktur itun

“Jadi kalau AQUA Subang bisa, tempat-tempat lain juga bisa. Hatur nuhun Aqua Subang,” katanya.

Baca juga : Gus Jazil Puji KSAD Mau Rekrut Santri Jadi Tentara

Kepala Pabrik AQUA Subang Dwi Nofriyadi mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya, pihaknya berkomitmen menjaga keseimbangan antara keberlangsungan bisnis dan perkembangan sosial lingkungan di sekitar perusahaan. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Program AQUA Lestari sebagai acuan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan secara berkelanjutan seperti penyedian sarana air bersih, konservasi, pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan program safety transportation berupa perbaikan jalan.

Bantuan yang diberikan Pabrik Subang ini juga merupakan realisasi wujud tanggungjawab sosial perusahan terhadap lingkungan. “Perusahaan memiliki program safe transportation. Implementasi dari program ini salah satunya berupa kegiatan perbaikan atau pemeliharaan sarana transportasi,” katanya.

“Jadi kita akan melihat kondisi jalan dari mulai pabrik, mau ke arah ke Bandung maupun ke arah Sumedang, apabila diperlukan kita akan melakukan perbaikan setiap tahunnya melalui kontruksi pacthing atau overlay. Itu kita budget-kan setiap tahun,” katanya.

Baca juga : Gus Ipul Panaskan Muktamar NU

Dalan perbaikan jalan ini, kata Dwi, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat serta instansi terkait. “Kami koordinasi dan yang menentukan titik dan pengerjaan Dinas Bina Marga Jabar,” jelasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.