Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bicara Kasus Ferdinand

Yaqut Diceramahin Tifatul

Minggu, 9 Januari 2022 07:25 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Humas Kemenag)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas ikut mengomentari kasus yang lagi heboh tentang cuitan “Allahmu lemah” yang diposting aktivis media sosial, Ferdinand Hutahaean. Komentar Yaqut soal kasus ini cukup halus, yakni meminta publik jangan buru-buru menghakimi Ferdinand. Politisi PKS Tifatul Sembiring yang tidak sependapat, langsung ceramahin Yaqut.

Sepekan terakhir ini, cuitan Ferdinand tersebut menyita perhatian publik. Masyarakat di dunia maya, maupun dunia nyata, banyak yang mengecam Ferdinand hingga melaporkannya ke polisi. Hampir tiap hari, berbagai tagar juga bermunculan di medsos hingga menjadi trending topic. Kebanyakan isinya berupa protes terhadap cuitan eks politisi Partai Demokrat itu.

Yaqut yang selama ini ditunggu-tunggu komentarnya soal kasus Ferdinand, akhirnya buka suara. Berbeda dengan komentar banyak orang, Menag memilih mengademkan suasana. Dia meminta publik untuk tenang dan tidak terburu-buru emosi menyikapi cuitan Ferdinand.

Baca juga : Inilah Negara Terakhir Yang Merayakan Tahun Baru

“Saya mengajak masyarakat untuk tidak buru-buru menghakimi Ferdinand. Kita tidak tahu apa niat sebenarnya Ferdinand mem-posting tentang ‘Allahmu Ternyata Lemah’ itu,” kata Yaqut dalam keterangannya, kemarin.

Eks Ketua Umum GP Anshor itu bahkan mengajak masyarakat menghormati proses hukum yang saat ini sedang dilakukan oleh pihak kepolisian. Menurutnya, hal ini penting untuk mencari tahu soal apa sebenarnya maksud dari Ferdinand membuat cuitan tersebut.

Kata dia, bila benar Ferdinand seorang mualaf, maka yang dibutuhkan bukanlah cacian, tapi bimbingan keagamaan. “Saya berharap kasus yang sudah berproses di kepolisian itu bisa berjalan transparan dan menghasilkan putusan yang seadil-adilnya,” ujar adik kandung Ketum PBNU, Yahya Cholil Staquf.

Baca juga : Akhirnya, Kasus Penularan Lokal Omicron Ditemukan

Eks Wakil Ketua Komisi II DPR ini juga mengajak masyarakat untuk menyudahi polemik di media sosial. Menurutnya, semua pihak harus menahan diri dan bersikap santun dalam beropini di medsos.

“Mari gunakan medsos dengan menyebarkan konten-konten yang santun, termasuk soal agama. Sehingga kerukunan beragama akan semakin kokoh dan kuat,” ujarnya.

Bukannya mengademkan suasana, justru pendapat Yaqut itu malah memicu protes dari banyak kalangan. Bahkan kemarin, Yaqut menjadi trending topic di Twitter dan menuai protes atas sikapnya terhadap Ferdinand.

Baca juga : Nora Alexandra, Disantet Supaya Gila Dan Mandul

Tifatul Sembiring jadi salah satu yang tidak sependapat dengan pernyataan Menteri Agama itu. Lewat akun Twitter pribadi, @tifsembiring, eks Presiden PKS itu malah menceramahi Yaqut soal cuitan Ferdinand yang bikin marah banyak orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.