Dark/Light Mode

Bicara Keadilan, Kemakmuran Dan Kesejahteraan Dunia Di Acara Pendahuluan Presidensi B20

Jokowi Dan Tony Blair Seirama

Jumat, 28 Januari 2022 08:06 WIB
Didamping Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, Presiden Joko Widodo meresmikan B20 Inception Meeting 2022 secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: RANDI TRI KURNIAWAN).
Didamping Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, Presiden Joko Widodo meresmikan B20 Inception Meeting 2022 secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: RANDI TRI KURNIAWAN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menaruh harapan besar, acara Pendahuluan Presidensi B20 yang baru diresmikan semalam, berdampak positif pada sektor ekonomi yang babak belur dihajar Corona. Di hadapan para pebisnis dunia itu, Jokowi juga bicara soal keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh dunia. Seirama dengan Jokowi, mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair juga bicara isu yang sama, di kesempatan tersebut.

B20 adalah sebuah forum dialog global yang terdiri dari para pebisnis dunia, khususnya pebisnis dari negara-negara G20. Dalam kegiatan ini, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia ditunjuk sebagai penanggung jawab Presidensi B20.

Baca juga : Jokowi-Tony Blair Dipastikan Hadir

Semalam, opening ceremony Presidensi B20 digelar di Hotel Fairmont, Jakarta. Acara diikuti oleh sekitar 2 ribu pebisnis dunia dan akan berlangsung selama 2 hari. Selain Jokowi, hadir juga Tony Blair dalam kapasitasnya sebagai Ketua Eksekutif Institut Tony Blair untuk Perubahan Global serta sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

Kegiatan ini digelar secara online dan offline. Jokowi yang didapuk meresmikan acara tersebut mengikuti kegiatan secara online dari Istana Bogor, Jawa Barat. Ikut mendampingi Jokowi di Istana Bogor, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid.

Baca juga : Pertamina Dan PLN Diyakini Bisa Jalankan Arahan Presiden Jokowi Dengan Baik

Selain Jokowi, beberapa tamu penting juga memilih mengikuti acara secara virtual dari negaranya masing-masing. Mereka adalah Tony Blair, Ketua Eksekutif World Economic Forum Profesor Klaus Schwab, dan Dr Kishore Mahbubani dari Institut Riset Asia di National University of Singapore.

Sementara di lokasi acara, tempat utama peresmian ini diselenggarakan, diikuti oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dan B20 Indonesia Chair Shinta Kamdani.

Dari Kiri, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menkominfo Jhony G Plate, Ketua B20 Indonesia 2022 Sinta Kamdani, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir berfoto saat menghadiri B20 Inception Meeting 2022 di Hotel Fairmont Senayan Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca juga : Surya Paloh: Kalau Nggak Ada Aturan Masa Jabatan Presiden, Nasdem Pasti Pilih Jokowi Lagi

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pandemi yang sudah berlangsung selama hampir 3 tahun ini, telah mengubah seluruh sendi kehidupan. Setiap negara, kata dia, harus mampu mengubah kesusahaan menjadi peluang.

“Tujuannya, untuk mewujudkan tata kelola dunia yang lebih adil, yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran, serta menjamin pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” kata Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.