Dark/Light Mode

Bisnis Renovasi Lapas Sukamiskin Rp 100 Juta

Koruptor Tak Akan Jera Kalau Penjara Bisa Disulap Jadi Istana

Kamis, 13 Desember 2018 16:40 WIB
Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. (Foto: IG #lapassukamiskin)
Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. (Foto: IG #lapassukamiskin)

 Sebelumnya 
Biaya perawatan lapas kemana? Kalau hanya tembok rapuh, atap bocor, itu sudah ada anggarannya bukan,” tanya dia lebih dalam. Sindiran datang dari Ahmad. Ahmad mengatakan jika selama ini, Menkumham lepas tangan dan tutup mata dengan apa yang terjadi di Lapas Sukamiskin. Seharusnya, semua ini tanggungjawab Menkumham. “Laoly sehat? Aman ya? Aman doongg.”

Dengan banyak kasus yang terjadi di Lapas Sukamiskin, Fahrizal Anwar mendesak presiden Jokowi memberikan sanksi tegas kepada menterinya. Kinerja menteri seperti ini hanya menjadi beban pemerintah. “Makanya pecat Laoly,” desaknya. 

Baca juga : Bekas Toilet Direnovasi Jadi Bilik Asmara Napi

Tudingan negatif juga diungkapkan oleh Monggojamune. Kata mengaku aneh mengapa biaya renovasi lapas menjadi tanggungjawab dari napi. Padahal, biaya renovasi seperti tembok retak, cat memudar hingga keramki sudah ada di dalam anggaran pemerintah. “Jadi sekarang duit korupsi untuk renovasi sarana pemerintah,” katanya penuh heran. Lebih jauh, Yane Y menduga bukan hanya napi, kepala lapas dan pejabat lainnya yang terlibat tetapi dimungkinkan sampai tingkat elite.

“Kan tau sama tau sesama di bawah direktorat Badan Hukum gimana sihh. Jadi pengen ketawa Jaksa bersih gitu,” katanya. Sudijono widjaja menegaskan jika kejadian di lapas Sukamiskin selalu menjadi perhatian khusus masyarakat karena banyak koruptor berkelas. “Kalau pemerintah bisa pinteran dikit, napi narkoba & koruptor, hukuman mati saja,” ujarnya.

Baca juga : Penyuap Idrus Marham & Eni Maulani Saragih Divonis 2 Tahun 8 Bulan Penjara

Sementara, Susi Eriana menganggap dana Rp 100 juta untuk melakukan renovasi kamar di lapas tidak begitu mewah. Justru, standar dan biasa-biasa saja. “100 juta itu murah.. Biaya nya untuk pengertian bisa berlipat ganda,” katanya. Sama, Wustenfuchs menerangkan jika angka Rp 100 juta untuk melakukan renovasi ruangan napi tidak begitu besar dengan apa yang didapatkan dari korupsi. “Rp 100 juta mah kecil.”

Butar punya pendapat lain. Katanya, dana renovasi ruang lapas sebenarnya bukan untuk memperbaiki yang rusak, tetapi hanya sebagai tameng untuk menyuap kepala lapas. “Renovasi cuma kedok untuk suap KPLP, renovasi kan anggaran pemerintah,” tuntasnya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.