Dark/Light Mode

Penanganannya Masih Terkendali

Lawan Covid, Jangan Kendor!

Senin, 31 Januari 2022 08:00 WIB
Warga beraktivitas mengenakan masker di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN / RM).
Warga beraktivitas mengenakan masker di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN / RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia diklaim paling terkendali dibandingkan lima negara lain di Asia. Indikatornya, jumlah penambahan kasus yang tidak terlalu tinggi dibanding negara lain.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penambahan jumlah kasus positif Covid-19 paling terkendali di antara lima negara di Asia. Yakni, India, Filipina, Singapura, Malaysia dan Thailand.

“Hal ini dibuktikan dengan jumlah penambahan kasus yang tidak terlalu tinggi dari negara lain,” kata Nadia.

Baca juga : Banyak Pemain Liga 1 Kepatil Covid, Ini Pesan Menpora Zainudin Amali

Nadia mengungkapkan, berdasarkan data dari ourwordindata.org, grafik penambahan kasus baru Covid-19 per 1 juta penduduk di Indonesia dalam kondisi landai. Pada 26 Januari 2022, angka konfirmasi positif di Indonesia sebesar 13,27 per 1 juta penduduk.

Menurut Nadia, angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan Singapura dengan konfirmasi positif 825,80 per 1 juta penduduk, Filipina 233,71 per 1 juta penduduk, India 220,71 per 1 juta penduduk, Malaysia 121,19 per 1 juta penduduk dan Thailand 110,20 per 1 juta penduduk.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes ini mengatakan, Pemerintah berupaya membuat regulasi yang mengarah pada pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap wilayah.

Baca juga : Pemeriksaan Dan Pelacakan Covid-19 Kudu Dipercepat

Kata dia, PPKM diiringi dengan protokol kesehatan ketat. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

“Upaya-upaya tersebut dilakukan secara konsisten dan dievaluasi secara rutin. Sehingga, setiap ada penambahan kasus dengan jumlah sedikit maupun banyak, langsung dilakukan tata laksana perawatan yang baik di rumah sakit,” ujarnya.

Nadia menambahkan, Kemenkes menyediakan fasilitas di rumah sakit, terutama tempat tidur perawatan sebanyak 120 ribu hingga 130 ribu secara nasional. Kemenkes juga telah menyediakan layanan telemedicine bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri untuk mengurangi mobilitas.

Baca juga : Bank Mandiri Layani Transaksi Keuangan BSSN

“Layanan tersebut memberikan kemudahan bagi pasien untuk melakukan konsultasi, hingga mendapatkan obat gratis. Kami selalu mengimbau masyarakat tidak bepergian jika tidak terlalu penting,” saran dia.

Netizen senang karena pengedalian kasus Covid-19 di Indonesia terkendali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.