Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawannya Sudah Rakernas Di Bali

Ganjar Apa Berani Deklarasi Nyapres

Senin, 31 Januari 2022 08:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng).

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024, makin ke sini semakin agresif saja. Selain deklarasi dan kampanyekan Gubernur Jawa Tengah itu di berbagai daerah, ada juga relawan yang sampai menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Bali. Sementara ‘sang pengantin’ masih belum juga menerima pinangan. Pertanyaannya, Ganjar apa berani deklarasi nyapres?

Adalah Sahabat Ganjar, salah satu komunitas relawan yang menggelar Rakernas itu. Rakernas pertama yang berlangsung di Denpasar, Bali, Sabtu (29/1) lalu itu, mengukuhkan KH Nahib Shodiq atau akrab disapa Gus Nahib sebagai ketua umum. Ia terpilih secara aklamasi.

Baca juga : Lawan Covid, Jangan Kendor!

Dewan Pembina Sahabat Ganjar, Khayatul Makki mengaku, pihaknya sedang melakukan ‘pedekate’ dengan PDIP. Pihaknya sangat berharap agar Banteng dapat mengusung Ganjar sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

“Karena partainya Pak Ganjar Pranowo saat maju menjadi gubernur adalah PDIP,” ungkap Khayatul Makki yang juga mendorong partai-partai lain, baik yang berafiliasi Islam maupun nasionalis, untuk mendukung Ganjar.

Baca juga : Jadi Ketum Sahabat Ganjar, Gus Nahib Janji Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Selain Sahabat Ganjar, ada banyak nama komunitas relawan Ganjar lain yang lahir. Bak cendawan di musim hujan. Sebagian besar diantaranya, sudah menggelar deklarasi.

Misalnya, Ganjarist. Sejak Januari tahun lalu, relawan ini sudah menggelar deklarasi mendukung Ganjar maju sebagai calon presiden 2024. Selain itu, ada pula relawan yang mengatasnamakan diri sebagai Ganjar Pranowo Presiden (GPP). Saat deklarasi di bantaran Kali Ciliwung, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021) lalu, mereka mengklaim sudah terbentuk di 17 DPD tingkat provinsi.

Baca juga : Gelar Rakernas Pertama Di Bali, Sahabat Ganjar Ingin Gemanya Sampai Ke Mancanegara

Lalu lahir pula SIGAP. Akronim dari Siap Ganjar Presiden. Komunitas relawan yang dikomandoi oleh Suherman ini sudah tersebar di 12-15 provinsi, per November tahun lalu. Ada juga yang diberi nama Jarwo singkatan dari Ganjar Pranowo. Seperti Jarwo Center, Sobat Jarwo, Balad Jarwo dan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.