Dark/Light Mode

Relawannya Sudah Rakernas Di Bali

Ganjar Apa Berani Deklarasi Nyapres

Senin, 31 Januari 2022 08:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng).

 Sebelumnya 
Selain kelompok baru, ada juga relawan Ganjar yang sebelumnya ada relawan Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019. Yang paling terkenal adalah Relawan Jokowi Mania atau JoMan. Komunitas mereka lalu dinamakan sebagai Ganjar Pranowo Mania atau GP Mania. Per Oktober tahun lalu, GP Mania diklaim sudah tersebar di 27 provinsi.

Tak hanya itu, kabarnya, akhir pekan ini atau awal pekan depan, perwakilan relawan Jokowi dari seluruh Indonesia juga akan berkumpul di Jawa Tengah. Mereka juga akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar.

Baca juga : Lawan Covid, Jangan Kendor!

Apa tanggapan Ganjar? Hingga saat ini, gubernur 2 periode itu belum juga menyatakan kesiapannya maju di Pilpres 2024. Politisi PDIP itu selalu berkelit ketika disinggung soal capres maupun elektabilitasnya yang terus moncer versi sejumlah survei. “Saya fokus di Jateng dulu. Memulihkan ekonomi setelah dihantam pandemi,” begitu jawaban Ganjar saat ditanya soal capres.

PDIP, sebagai parpol tempat Ganjar bernaung juga belum memberikan lampu hijau bagi politisi berambut putih itu, untuk melangkah ke Pilpres. Justru, sejumlah elit Banteng yang dipelopori Bambang “Pacul” Wuryanto, kerap menyampaikan kritik pada Ganjar. Sedangkan dukungan pada Puan Maharani, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dari internal Banteng terus mengalir. Sejumlah DPD dan DPC PDIP di berbagai daerah mulai terang-teragan menyatakan dukungannya pada Puan.

Baca juga : Jadi Ketum Sahabat Ganjar, Gus Nahib Janji Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno meyakini Ganjar tidak akan melangkahi kebijakan partai. Sebelum ada sikap resmi dari PDIP soal pencapresan, Ganjar akan selalu diam soal urusan 2024. “Ganjar itu tipikal kader yang patuh organisasi. Tak mungkin deklarasi sebelum ada pernyataan resmi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ini soal ketaatan berpartai saja, bukan soal berani atau tidak,” kata Adi, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Terkait sikap pedenya para relawan mendukung Ganjar, menurut Adi, itu hanya soal optismisme perjuangan. Adi menilai, para pendukung Ganjar punya keyakinan yang tinggi jika pada ujungnya nanti, PDIP akan realistis memilih kader yang punya elektabilitas tinggi untuk diusung maju di Pilpres 2024. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.