Dark/Light Mode

Gaduh Soal Beli Minyak Goreng Wajib Vaksin

Satgas: Tidak Ada Aturannya

Selasa, 22 Februari 2022 08:03 WIB
Vaksinasi Covid-19 menjadi syarat wajib pembelian minyak goreng ramai diperbincangkan masyarakat. (Foto: Istimewa)
Vaksinasi Covid-19 menjadi syarat wajib pembelian minyak goreng ramai diperbincangkan masyarakat. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sekadar informasi, sebuah postingan di Instagram @video_medsos viral. Video itu memperlihatkan sebuah gambar minyak goreng di sebuah rak minimarket.

Di bagian depan rak tertulis jelas keterangan pengumuman: “Perhatian! Setiap pembelian minyak kelapa harga subsidi wajib sertakan foto copy kartu keluarga dan bukti vaksin,” tulis pengumuman tersebut, dikutip melalui akun instagram @video_medsos, kemarin.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menegaskan, mestinya syarat semacam itu tak perlu ada.

Baca juga : Pasien Wafat Saat Isoman Semoga Tidak Bertambah

“Di Kementerian Perdagangan tidak ada syarat itu,” tegas Oke.

Oke menduga, munculnya syarat wajib vaksin di ritel yang viral di medsos adalah upaya pelaku usaha agar menjaga ketersediaan pasokannya. Sehingga, konsumen tidak memborongnya berlebihan.

“Itu dari pelaku perdagangan yang di ritel modern, atau pedagangnya yang melakukan dengan kreativitasnya sendiri. Ini agar ada pemerataan,” bebernya.

Baca juga : Ketahuan Mendag, Berabe Urusannya!

Menurutnya, Pemerintah sedang berusaha mengatur ketersediaan minyak goreng. Fenomena yang terjadi sekarang, jika ada minyak goreng kemasan langsung ludes diserbu konsumen.

Dia menegaskan, stok minyak goreng sudah digelontorkan Pemerintah. Baru-baru, dalam waktu enam hari ini sudah 115 juta liter digelontorkan.

“Kami sedang susuri. Seharusnya sekarang stok sudah banjir minyak goreng, kok malah nggak banjir,” tukasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.