Dark/Light Mode

Negara Lain Sudah Hidup Damai Dengan Covid

Jangan Ikut-ikutan, Sistem Kesehatan Kita Belum Siap

Rabu, 23 Februari 2022 08:00 WIB
Sejumlah negara kini sudah mulai melonggarkan aturan pembatasan/protokol kesehatan. (Foto: AP/Matt Dunham).
Sejumlah negara kini sudah mulai melonggarkan aturan pembatasan/protokol kesehatan. (Foto: AP/Matt Dunham).

 Sebelumnya 
Akun @BrdKelima mendukung keputusan Pemerintah untuk lebih hati-hati menentukan status pandemi ke endemi. Keputusan yang cuma bermodalkan ikut-ikutan berpotensi meningkatkan angka kasus Covid-19 kembali. “Lanjutkan sampai si Covid-19 benar-benar jinak,” ujarnya.

Akun @wuragil5222 mengajak masyarakat membantu Pemerintah mempersiapkan transisi menuju era endemi. Dengan cara bertahap, mendengarkan, memahami, menaati dan melakukannya secara disiplin petunjuk yang diberikan oleh Pemerintah melalui Satgas Covid-19 ataupun instansi terkait.

Akun @YudhiDharmawa14 mengatakan, transisi pandemi Covid-19 ke endemi tidak boleh dilakukan jika tingkat vaksinasi masih rendah atau belum mencapai target. Saat ini, vaksin kedua saja belum sampai 69 persen. “Dosis ketiga masih rendah. Jangan (transisi ke endemi) dulu deh,” ujarnya.

Baca juga : Kok Bisa Negara Lain Ringan, Di Jepang Omicron Ancam Lonjakan Kematian

Bahkan, kata @ArdiBiohazard, vaksin Covid-19 dosis pertama saja banyak yang hangus dan harus diulang lagi.

“Kurang lebih, dua ribuan penerima vaksin Covid-19 dosis 1 harus diulang karena sudah enam bulan lebih sejak vaksin pertama belum mendapat vaksin kedua,” ujarnya.

“Sistem kesehatan kita harus lebih siap atau setidaknya tenaga kesehatan lebih siap. Protokol kesehatan, vaksin dan obat,” tambah @dr_koko28.

Baca juga : Fasilitas Kesehatan Terancam Kolaps

Akun @ainil_g2l berharap, pandemi Covid-19 bisa segera berganti menjadi endemi. Selama ini, pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang sulit mencari nafkah.

“Kalau ada negara yang sudah nggak menganggap Covid-19 pandemi, ya semoga di Indonesia segera turun status jadi endemi ya,” harap @goodnightdae.

Akun @arwidodo meyakini, pandemi Covid-19 sudah beranjak ke endemi.

Baca juga : Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Jawa Bali Aman

“Meski angka pertambahan kasus baru masih meningkat di Indonesia, mestinya Pemerintah tidak serta merta menutup mata bahwa gejala Covid-19 versi Omicron tidak jauh beda dari flu dan penderitanya pun lebih mudah sembuh,” jelasnya.

“Ayo dong, Indonesia pasti bisa mengubah status pandemi menjadi endemi,” ajak @BiasyajaJams.

Akun @ichsnmln tidak yakin status pandemi berubah menjadi endemi dalam waktu dekat. Dia tidak yakin prediksi WHO sekarang sebagai mutasi terakhir. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.