Dark/Light Mode

Survei LSP: Masyarakat Puas Dan Percaya Kinerja Pemerintahan Jokowi-Maruf

Jumat, 25 Februari 2022 16:34 WIB
Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Tidak hanya persoalan tingkat kepuasan dan kepercayaan saja, LSP juga mengukur seperti apa respon masyarakat Indonesia terhadap rencana pemerintah membangun Ibu Kota Negara (IKN), tentang jadwal pelaksanaan pemilu, serta siapa saja calon presiden dan wakil presiden yang memiliki peluang besar dipilih rakyat di Pemilu 2024 mendatang.

Saat disodorkan pertanyaan tertutup, isu apa yang paling mereka mereka setujui di tegah situasi saat ini. Dominasi isu yang diterima dan didukung mereka adalah pemilu 2024.

Baca juga : Brantas Abipraya Mendukung Penuh Kinerja Kepengurusan Baru KNI-BB

Kemudian soal keberlangsungan demokrasi, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), serta melanjutkan arah pembangunan ekonomi seperti yang berjalan saat ini di pemerintahan Presiden Jokowi.

"Pemilu dan pilkada serentak 2024 sebesar 88,5 persen. Kemudian demokrasi merupakan amanah reformasi sebesar 81,2 persen, melanjutkan arah pembangunan ekonomi pemerintahan Jokowi 76,7 persen, pemindahan ibukota negara 65,7 persen. Lalu ada deklarasi capres lebih awal 39,4 persen," beber Indra.

Baca juga : Golkar Kaji Serius Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Jokowi

Hasil survei ini sejalan dengan tingkat keyakinan mereka bahwa pemerintahan Jokowi dan kiai Maruf Amin akan membawa kebaikan dalam hidup mereka di tahun 2022 ini.

Responden yang yakin mencapai 54,7 persen, sangat yakin 10,5 persen, biasa saja 18,2 persen. Kemudian tidak yakin 10,2 persen dan sangat tidak yakin hanya 2,4 persen.

Baca juga : Satgas Sebar Masker Dan Perkuat Duta Perubahan Perilaku

Survei digelar dalam rentang waktu 7-20 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 orang responden yang ada di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemilik hak pilih dan berusia minimal 17 tahun ke atas dan sudah menikah.

Proses pengambilan sample survei ini dilakukan dengan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Mereka juga menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error (MoE) 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.