Dark/Light Mode

Indonesia Mau Jadi Pemain Kelas Dunia

Jokowi Rayu Talenta Digital Balik Kandang

Rabu, 2 Maret 2022 08:20 WIB
Presiden Jokowi dalam peresmian Sea Labs Indonesia di Jakarta. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI).
Presiden Jokowi dalam peresmian Sea Labs Indonesia di Jakarta. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kabinet RI).

 Sebelumnya 
Pentingnya Insentif

Head of Analytics, Platform & Regional Grab yang bekerja di Singapura, Ainun Najib, mengatakan, ada dua alasan banyak talenta digital seperti dirinya memilih bekerja di luar negeri. Pertama, peluang karier yang lebih tinggi. Kedua, stabilitas.

“Kalau saya pribadi, karena pendidikan anak-anak. Selain itu, akses kesehatan,” katanya.

Baca juga : Baru Diresmikan, Presiden Jokowi Sambut Target 1.000 Talenta Digital Sea Labs Indonesia

Namun, kata Ainun, talenta digital asal Indonesia di luar negeri juga berperan dalam pengembangan ekosistem dalam negeri dari jarak jauh.

“Kami berkontribusi memberikan inspirasi atau menjadi benchmark. Kemudian memberikan saran dari jauh, dan eksekusi melalui insiatif-insiatif,” ujarnya.

Ainun merupakan salah satu penggagas KawalPemilu.org untuk mengawal rekapitulasi suara saat Pemilu 2014. Dia juga salah seorang inisiator Kawal Covid-19, situs independen yang menyediakan data Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Sembilan Capres PSI Dikuliti Sembilan Bulan

Director of Engineering Asana Veni Johanna mengungkapkan, pendidikan dan perusahaan teknologi harus bersinergi seperti apa yang diterapkan di Amerika Serikat.

Mengenai langkah konkret yang harus dilakukan Pemerintah, kata dia, insentif juga hal yang harus dipentingkan.

“Bisa melakukan magang di perusahaan dalam negeri atau di luar negeri, dan pemberian insentif untuk melakukan riset lebih, itu membuat mereka bisa melihat ke depan,” kata Veni. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.