Dark/Light Mode

Lembaga Survei Nasional (LSN)

Prabowo Capres Nomor Wahid, Kalahkan Anies & Ganjar

Kamis, 3 Maret 2022 21:46 WIB
Direktur Eksekutif Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry saat merilis hasil survei terbaru bursa Capres 2024, Kamis (3/3). (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry saat merilis hasil survei terbaru bursa Capres 2024, Kamis (3/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru bursa Capres 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di posisi puncak membawahi calon kandidat top lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Timur Ganjar Pranowo.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih dominan di rating survei. Lebih dari setahun ini Prabowo terus bertahan di posisi puncak elektabilitas," ujar Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, saat konfrensi pers secara daring, Kamis (3/3).

Baca juga : Prabowo Disukai Kaum Milenial

Menilik hasil survei, jika Pemilu digelar hari, maka Prabowo menjadi kandidat Capres yang paling diminati dengan angka sebesar 21,9 persen. Di posisi kedua, ditempati oleh Gubernur Anies dengan 19,2 persen, dan diikuti Gubernur Ganjar sebesar 18,8 persen.

Gema menganalisa, bertahannya nama Prabowo di puncak bursa Capres 2024 secara konsisten ini dapat dipengaruhi sejumlah faktor. Di antaranya, karena Prabowo merupakan Capres di 2014 dan 2019. Kemudian, karena Presiden Jokowi tidak bisa ikut Pilpres 2024.

Baca juga : Prabowo Capres Terkuat Jauh Tinggalkan Anies & Ganjar

"Karena Jokowi tidak bisa lagi ikut berkontestasi maka hingga saat ini relatif belum ada tokoh nasional yang menjadi rival terberat Prabowo," katanya.

Pun, di survei ini, publik juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Bahkan, Ketum Partai Gerindra itu digambarkan sebagai menteri terbaik menurut persepsi publik. Bahkan publik, dianggap puas terhadap kinerja Menhan.

Baca juga : Pembatasan Jam Operasional Usaha, Wali Kota Tangerang: Bukan Menyengsarakan

Nah, kata Gema, faktor-faktor itulah yang membuat Prabowo tetap bertengger di papan atas sebagai kandidat capres yang paling diminati.

"Selain faktor itu, rakyat percaya sosok Prabowo Subianto mampu menjadi pemimpin yang membawa Indonesia lebih baik ke depannya," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.