Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Bludaknya Wisatawan, Ganjil Genap Diterapkan

Kawasan Puncak Macet Karena Jalannya Sempit

Jumat, 4 Maret 2022 08:15 WIB
Sejumlah pengendara melintas di jalur wisata Puncak yang terpantau padat di Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Sejumlah pengendara melintas di jalur wisata Puncak yang terpantau padat di Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberlakukan skenario ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, selama liburan panjang akhir pekan ini. Rekayasa lalu lintas dikoordinasikan dengan Kepolisian untuk mengatasi kemacetan di kawasan tersebut.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, terjadi kemacetan yang cukup lama pada periode libur panjang lalu.

Untuk itu, kata Budi, kebijakan ganjil genap akan berlaku pada hari libur nasional maupun akhir pekan biasa.

Baca juga : Ganjar, Kandas Karena Wadas?

Ketentuan pelaksanannya mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 84 Tahun 2021 Tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

“Selain ganjil genap, kami menyiapkan opsi lain pengaturan, seperti contra flow dan buka tutup jalur,” ujar Budi di Jakarta, kemarin.

Kebijakan itu, menurut Budi, sudah dibahas bersama dengan Kepolisian. Ketentuan kebijakan lainnya akan mengikuti diskresi dari Kepolisian atau situasional, tergantung kondisi di lapangan.

Baca juga : Ganjar Dan Anies Jualannya Sama

Budi meminta masyarakat tidak berlibur ke kawasan Puncak agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Seperti diketahui, libur akhir pekan Februari 2022, terjadi kemacetan panjang di Puncak akibat membludaknya minat wisatawan lokal menyambangi destinasi wisata di Bogor itu. Rekaman video kemacetan ini menjadi viral di media sosial.

“Kami menganggap serius kejadian kemacetan panjang sebelumnya yang terjadi di kawasan Puncak,” tegas Budi.

Baca juga : Aparat Ngaku Kewalahan

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan semua instansi terkait untuk membahas evaluasi manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.