Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkerumun Dan Selfi Buka Masker

Duh, Ribuan Jemaah Umrah Kena Corona

Minggu, 6 Maret 2022 08:07 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto. (Foto: Dok. BNPB)

 Sebelumnya 
Dari laporan yang didapat Satgas, banyak jemaah yang berkerumun di sana. Kebetulan, Masjidil Haram saat ini sedang penuh. “Kemudian para jamaah ini hobi kalau foto buka masker itu juga jadi sumber penularan,” tambahnya.

Satgas telah berkoordinasi dengan banyak penyelenggara umrah ini agar kedisiplinan prokes ini benar-benar dijaga. Apalagi, saat ini, keberangkatan juga tidak hanya dari Jakarta saja. Yang dari daerah juga bisa ke Tanah Suci melalui Surabaya, Makassar, dan Medan.

Baca juga : Bappebti Intip Masa Depan Cerah Token Crypto Lokal

Para penyelenggara dan jemaah harus lebih berhati-hati. Terlebih, mereka yang berangkat ke Tanah Suci rata-rata adalah kelompok lanjut usia (lansia).

“Penyumbang positif yang lebih tinggi ini selalu menjadi pokok perhatian Bapak Presiden. Data terakhir ada penurunan kami berharap kasus penularan dari luar negeri ini bisa turun terus,” harapnya.

Baca juga : Berkolaborasi Dengan Tulus, Cadbury Luncurkan Kemasan Ungkapkan Hati

Secara keseluruhan, data isolasi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) masih banyak yang positif. Masih di atas 20 persen. “Mereka adalah pekerja migran Indonesia, wisatawan, juga jemaah umroh yang baru pulang dari luar negeri. Ini masih banyak yang positif,” beber Suharyanto.

Secara terpisah, Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umroh dan Ibadah Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Noer Alya Fitra menuturkan, berdasarkan data, ada 19.683 jemaah yang sudah kembali ke Tanah Air per 28 Februari 2022. “Yang positif Covid-19 ada 7.981 orang,” ungkap Noer.

Baca juga : Verifikasi Faktual Potensial Sumbang Penularan Corona

Para jemaah itu menjalani karantina di Wisma Atlet. Sementara bagi jemaah yang negatif, menjalani karantina di hotel.

Sementara keberangkatan per 28 Februari 2022 sebanyak 31.591 jemaah. Mereka diterbangkan melalui diberangkatkan melalui ratusan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang terdaftar di Kementerian Agama. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.