Dark/Light Mode

Peran Soeharto Diuraikan Dalam Naskah Akademik Keppres SU 1 Maret, Namanya Disebut 48 Kali

Minggu, 6 Maret 2022 21:18 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ratusan pemimpinnya tercatat dalam naskah akademik ini, yang telah disebut sesuai dengan porsinya masing-masing. Tak terkecuali, Soeharto.

Baca juga : Wacana Kementerian Keamanan Dalam Negeri, Mahfud: Areanya Legislatif

"Tidak ada satu tokoh pun dalam sejarah yang memiliki peran penting dalam peristiwa-peristiwa itu yang dihapuskan, termasuk Letkol Soeharto yang ditunjuk memimpin Serangan Umum di pusat kota. Naskah ini justru menempatkan tokoh-tokoh penting yang dalam historiografi di masa lalu dihilangkan atau direduksi perannya," ujar Sri Margana, belum lama ini. 

Baca juga : Keraton Butuh Revitalisasi

Dia menegaskan, Keppres bukanlah historiografi. Keppres disusun dengan bahasa administratif, ringkas, namun representatif.

Baca juga : Peran Kontemporer Santri (2)

"Fungsinya lebih sebagai keputusan penetapan 'Hari Penegakan Kedaulatan Negara' sebagai event nasional untuk membangun nasionalisme dan semangat mengisi kemerdekaan dan bukan legitimasi historiografi," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.