Dewan Pers

Dark/Light Mode

Deputi Penindakan KPK Ditarik Balik Ke Polri

Kamis, 20 Juni 2019 20:48 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka).
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigadir Jenderal Firli kembali ke Polri. Firli ditarik oleh korps baju cokelat setelah mendapatkan promosi jabatan.

"Iya, dia (Brigjen Firli) dapat promosikan. Ditarik lah ya," ungkap Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/6).

Saut memastikan, KPK bukan mengembalikan Brigjen Firli atas dugaan pelanggaran kode etik. Diketahui, dia pernah diperiksa oleh pengawas internal KPK lantaran laporan dari Wadah Pegawai (WP) KPK.

Berita Terkait : Korupsi, Platini Ditangkap Polisi

"Kami sudah membahas itu (pemeriksaan internal), Tapi bukan pada keputusan final, artinya kembalinya seperti proses itu," ungkapnya. Saut menyebut penarikan Firli oleh Polri juga dilakukan secara resmi dengan mengirimkan surat kepada KPK.

"Aku lupa suratnya, minggu lalu," kata Saut. Saut menyebut sementara jabatan Dirdik akan dijabat oleh plt. Siapa Plt-nya, nanti akan didiskusikan oleh para pimpinan KPK. "Karena memang kurang ya, tapi sementara yang ada (dicari pengganti Brigjen Firli)," tutup Saut.

Terpisah, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, KPK menerima Surat dari Kapolri tertanggal 11 Juni 2019 perihal pengembalian penugasan anggota Polri di lingkungan KPK. Surat ini kemudian dibahas oleh Pimpinan.

Berita Terkait : Muddai Madang Makin Mantap Calonkan Diri Jadi Ketum KONI

"Hingga sebagai respon resmi dari KPK, KPK mengirimkan surat tertanggal 19 Juni 2019 pada Kapolri tentang penghadapan kembali pegawai negeri yang dipekerjakan pada KPK atas nama Irjen Pol. Drs. Firli, M.Si," ujar Febri.

Pengembalian itu, atas dasar kebutuhan organisasi Polri dan dalam rangka pembinaan karier serta adanya penugasan baru. Sehingga terdapat permintaan untuk menghadapkan kembali perwira tinggi Polri tersebut.

"Pimpinan KPK menyampaikan terimakasih dan menghargai segala kontribusi yang bersangkutan yang pernah bertugas sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK," tandas Febri. [OKT]