Dark/Light Mode

Anggaran Pemilu Belum Cair, Anggota KPU Baru Belum Dilantik, Imin Ketemu Anggota Baru Dan Anggota Baru Di DPR

Semakin Curiga Ada Tanda Pemilu Ditunda

Senin, 14 Maret 2022 06:50 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dibunyikan lagi oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, kecurigaan Pemilu 2024 akan ditunda, makin terbuka. Berbagai tanda juga muncul di depan mata. Mulai dari anggaran Pemilu yang belum cair, sampai belum dilantiknya anggota KPU yang baru. Yang terbaru, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu dengan Komisioner KPU yang baru terpilih.

Presiden Jokowi dan Menko Polhukam Mahfud MD memang sudah membantah soal penundaan Pemilu. Namun, bukan berarti, wacana itu lantas tutup buku. Apalagi setelah Luhut, menteri yang selama ini dipercaya Jokowi melaksanakan berbagai urusan, ikut mendorong penundaan Pemilu.

Di saat yang sama, KPU sebagai penyelenggaran Pemilu belum bisa bekerja secara maksimal. Anggaran Pemilu tahun ini sebesar Rp 8,06 trilun masih belum cair. Pemerintah dan DPR beralasan, anggaran belum dicairkan karena masih menunggu pelantikan anggota KPU dan Bawaslu  yang baru.

Baca juga : 51 Ribu Anggota TNI Dan Polri Dicoret Dari Daftar Pemilih Pilkada

Padahal, DPR sudah lama melakukan pemilihan terhadap anggota KPU dan Bawaslu yang baru, pada Selasa 18 Februari 2022. Anggota KPU terpilih berjumlah 7 orang, yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan Komisioner Bawaslu baru ada lima orang. Yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Anggota KPU, Ilham Saputra mengaku tidak tahu menahu kapan pelantikan 7 Komisioner penggantinya. Kata dia, urusan lantik melantik itu, bukan kewenangan KPU.

“Soal pelantikan, tanya Istana ya,” ujar Ilham.

Baca juga : Emang Anies Sanggup Emang Ganjar Sanggup

Wakil Ketua Komisi II DPR, Luqman Hakim menerangkan, anggota KPU dan Bawaslu yang baru paling lambat dilantik 11 April 2022.

“Karena tanggal 11 April 2022 merupakan hari terakhir masa bakti KPU dan Bawaslu RI periode 2017-2022,” beber Luqman.

Namun, ditanya kenapa anggaran Pemilu belum cair, Luqman mengaku tidak tahu-menahu. Urusan anggaran Pemilu, kata dia, itu kewenangan pemerintah dan Banggar DPR. Namun, dia berharap dalam waktu dekat, anggaran itu bisa segera dicairkan.

Baca juga : Umat Tak Usah Resah

“Saya berharap, KPU dan Bawaslu bersama Menteri Keuangan dan Badan Anggaran DPR dapat secepatnya mengambil keputusan. Mengingat tahapan Pemilu 2024 seharusnya sudah dimulai pada bulan Juni 2022 mendatang,” tukas politisi PKB itu.

Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro menegaskan, pelantikan Komisoner KPU dan Bawaslu baru dilaksanakan usai komisoner lama purna tugas. “Pelantikan, ya pas KPU sekarang mengakhiri jabatan dong. Tanggal 12 April 2022,” jawab Juri, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.