Dark/Light Mode

Tetap Jaga Prokes, Buruan Vaksinasi

Yuk, Bikin Situasi Ramadan Tenang Mulai Dari Sekarang

Rabu, 16 Maret 2022 06:10 WIB
Ilustrasi Mobilitas Sosial. (Foto: Istockphoto).
Ilustrasi Mobilitas Sosial. (Foto: Istockphoto).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ramadan tenang, shalat tarawih berjemaah di masjid dan ibadah lainnya bisa terwujud. Caranya, tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) dan segera vaksin lengkap dan booster mulai dari sekarang.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah masyarakat yang divaksin dosis lengkap terus meningkat dan kasus Covid-19 terus menurun. Karena itu, Pemerintah akan mengkaji kembali kebijakan, terutama pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Baca juga : Ayo Genjot Vaksinasi Dan Jaga Prokes, Supaya Ibadah Ramadhan & Lebaran Lancar

“Mudah-mudahan kondisi kita di bulan puasa menjadi lebih baik,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Budi mengimbau masyarakat segera vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau lengkap. Termasuk lansia, karena lebih rentan ketika terpapar Covid-19. Dia menekankan pentingnya vaksin dua dosis dan vaksin booster.

Baca juga : Banjir Pasuruan, BNPB Bangun Tanggul Sementara Dari 400 Karung Pasir

“Hasil penelitian, pasien yang terpapar Covid-19 varian Delta memiliki risiko meninggal dunia empat kali lebih tinggi ketimbang pasien Omicron,” beber dia.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini berharap, masyarakat bisa membujuk para lansia agar mau divaksin. Paling tidak, minimal lansia dapat divaksin dua dosis. Idealnya, lansia mendapatkan tiga dosis atau booster.

Baca juga : Mahfud Luruskan Anggapan Nama Soeharto Dihilangkan Dari Sejarah

Dia meminta masyarakat tidak pilih-pilih merek vaksin. Semua jenis dan merek vaksin Covid yang ada, sudah lolos efikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dia menegaskan, kecepatan vaksin bakal menentukan perawatan di rumah sakit.

“Kalau ada perbedaan sedikit, akan jauh lebih bermanfaat bila teman-teman vaksin lebih cepat. Jadi, jangan menunggu atau memilih vaksin,” imbau mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.