Dark/Light Mode

Migor Langka Dan Isu Pemilu Ditunda Diademkan MotoGP

Kamis, 17 Maret 2022 06:55 WIB
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pembalap MotoGP sebelum melepas parade MotoGP, di depan Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pembalap MotoGP sebelum melepas parade MotoGP, di depan Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

 Sebelumnya 
Sejak pagi, masyarakat sudah berjubel di sekitar Istana sampai Bundaran Hotel Indonesia. Meskipun di bawah terik matahari, masyarakat rela berdiri, berjejer di pinggir jalan. Mereka ingin menyaksikan para pembalap MotoGP dari dekat.

Para pembalap tiba di Istana sekitar pukul 9.30 pagi, dengan menunggangi motornya masing-masing. Motor mereka parkir di depan Istana Merdeka. Kedatangan para pembalap ini langsung disambut tepuk tangan penggemar yang sudah memenuhi trotoar di seberang Istana. Mereka bersorak senang bisa melihat motor dengan mesin 1.000 CC itu, dari dekat. Saking senangnya, ada yang histeris memanggil idolanya. “Marquez, sini Marquez,” teriaknya.

Turun dari motor, para pembalap melambaikan tangan ke arah penonton, lalu berjalan menuju Istana Merdeka, sambil menenteng helm masing-masing. Dalam rombongan ini, ada Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, hingga Takaaki Nakagami. Pecinta MotoGP pasti tak asing dengan nama-nama tersebut. Rider muda kebanggaan Indonesia, yakni Mario Suryo Aji dan Veda Ega Pratama, juga ikut hadir.

Baca juga : Elektabilitas Kang Emil Di Jabar Dekati Prabowo

Jokowi yang mengenakan jaket merah bertulis G-20 tampak antusias menyambut rombongan. Di balik masker, senyumnya terus mengembang. Setelah berbincang ringan, mantan Wali Kota Solo itu, lalu mengajak para pembalap masuk ke dalam Istana. Di dalam Istana, Marquez dkk berfoto dengan Jokowi. Pembalap Yamaha ini memang menjadi magnet. Ia nampak melayani sesi foto dengan pejabat yang hadir di Istana.

Setelah foto-foto, Jokowi lalu memamerkan motor RI-1 kepada Marquez. Marquez tampak tersenyum dan memberikan pujian. Jokowi lalu menunggangi motor custom kesayangannya, Kawasaki W150 itu, lalu menggebernya. Dari sana, Jokowi dan para pembalap MotoGP menuju Jalan Medan Merdeka Utara. Para pembalap menaiki motor masing-masing untuk menggelar parade. Sejumlah klub motor ikut dalam konvoi ini.

Sesuai agenda, harusnya kepala negara ikut melakukan konvoi dengan para pembalap. Namun, rencana itu dicoret. Demi alasan keamanan, pihak Paspampres tidak membolehkan Jokowi ikut dalam konvoi. “Saya langsung lemes,” kata Jokowi, sebelum memulai pembukaan konvoi.

Baca juga : Lawan Persik, 3 Pendekar Cisadane Absen

Usai berbicara singkat, Jokowi lalu melepas para pembalap MotoGP dengan mengayunkan bendera hitam-putih, khas balapan MotoGP, dari atas podium. Dalam waktu singkat, halaman Istana langsung bising oleh suara knalpot motor yang digeber para pembalap.

Keluar dari Istana, ribuan orang yang memang sudah menunggu sejak pagi, lagsung histeris. Masyarakat yang awalnya berdiri di trotoar, bergerak maju ke bahu jalan. Petugas kepolisian yang memang sudah berjaga-jaga, langsung melakukan berikade agar tidak sampai mengganggu jalannya konvoi.

Sebagian mereka, merentangkan tangan ingin bersalaman. Ada juga yang membawa spanduk sebagai bentuk dukungan. Menanggapi sambutan itu, sebagian pembalap melakukan aksi ekstrim, seperti menggeber motornya hingga ban mengeluarkan asap. Melihat aksi itu, masyarakat yang menonton makin histeris. “Terooss..teroos,” teriak warga.

Baca juga : Luhut Sebut Pendukung Demokrat Setuju Pemilu Ditunda, Syarief Hasan Membantah

Bukan hanya masyarakat yang gembira dengan parade ini. Para riders juga ikutan happy. Rider Suzuki Alex Rins, mengaku terkesan dengan sambutan hangat warga Jakarta. Lewat akun Instragram miliknya, Rins mengaku, acara parade itu, menjadi salah satu momen terbaik dalam hidupnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.