Dark/Light Mode

Masih Tetap Perlu Vaksinasi

86,6 Persen Masyarakat Sudah Punya Sistem Antibodi

Senin, 21 Maret 2022 07:55 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. (Foto: Dwi Pambudo/RM.id)
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. (Foto: Dwi Pambudo/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 86,6 persen penduduk Indonesia telah memiliki antibodi terhadap Covid-19. Angka ini adalah angka antibodi rata-rata dari masyarakat yang sudah divaksinasi maupun yang belum.

Hal ini merupakan hasil survei sero yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Survei ini dilakukan pada November-Desember 2021.

Baca juga : Pemerintah Pelototi Tata Kelola Industri Asuransi

“Ini jadi masukan yang sangat berharga dan Indonesia jadi salah satu negara di dunia yang memanfaatkan dasar imunitas penduduk untuk perencanaan pengendalian pandemi di masa datang,” ungkap epidemiolog FKM UI Pandu Riono, kemarin.

Selain mengetahui proporsi penduduk yang memiliki kekebalan imunitas terhadap SARS-CoV-2, sero survei dilakukan untuk mengetahui berapa besar kadar antibodi yang dimiliki penduduk di Indonesia.

Baca juga : 86,6 Persen Penduduk RI Usia 1 Tahun Ke Atas, Ternyata Sudah Punya Antibodi SARS-CoV-2

Kadar antibodi itu, menurut Pandu, menjadi penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan berbagai varian virus. Jika kadar antibodi pada tubuh seseorang cukup tinggi maka bisa menekan risiko yang sangat buruk dari pandemi ini.

Jika dirinci, survei itu mencatat, sebanyak 73,9 persen responden kebal meski belum terdiagnosis positif Covid-19 dan menerima vaksin Covid-19. “Artinya, 74 persen penduduk kita pernah terinfeksi,” imbuhnya.

Baca juga : Ketua DPR Minta Masyarakat Waspadai Omicron BA.2

Menurut Pandu, data ini menunjukkan banyak penduduk Indonesia yang tak bergejala saat positif Covid-19. Mereka tidak menjalani tes karena tidak merasa terinfeksi Covid-19. Alhasil, kasus-kasus semacam ini tak tercatat dalam sistem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.