Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mbak Rara, Bintangnya Mandalika

Senin, 21 Maret 2022 18:47 WIB
Rara Istiani Wulandari (tengah), pawang hujan yang namanya ngehits di MotoGP Mandalika. (Foto: Antara)
Rara Istiani Wulandari (tengah), pawang hujan yang namanya ngehits di MotoGP Mandalika. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kisah tentang Mbak Rara, penakluk hujan di Mandalika masih jadi perbincangan. Pawang ini namanya terus menjadi trending topic di jejaring media sosial.

Pemilik nama lengkap Rara Istiani Wulandari itu berada di Mandalika selama perhelatan MotoGP. Dia “bekerja” 21 hari. Itu artinya  bukan hanya pada hari H saja, yaitu Minggu 20 Maret 2022. Tapi, sejak akhir Februari lalu.

Mbak Rara “mengendalikan” hujan, sejak proses pengaspalan landasan sirkuit. Bahkan, dia sering diajak turun oleh tim pengaspalan sirkuit.

“Rara ini selalu ikut, kalau bos-bos yang ngurus aspal sirkuit turun ke lapangan. Padahal mereka ini kelompok teknisi dan insinyur yang sangat scientific, dengan keilmuan tinggi,” kata seorang bos, di internal event MotoGP.

Baca juga : Marquez Lewatkan Momen Mandalika

Misalnya, setelah sirkuit dilapis aspal, yang dibutuhkan adalah cuaca yang panas, terik matahari, agar aspal cepat mengering.

Lalu beberapa hari kemudian, perlu hujan agar kondisi aspal tidak terlalu panas. Dan semua itu membutuhkan cuaca yang mendukung.

Mbak Rara, saat itu membantu melalui kendali hujan.

“Dia seperti punya remote control di tangannya. Hujan bisa dipindahkan ke tempat lain, atau diatur besar kecilnya,” kata dia.

Baca juga : Semangat Melesat Dari Mandalika

Petinggi Dorna sampai terheran-heran dengan kemampuan itu. Tapi itulah, percaya tak percaya, ada kearifan lokal yang bekerja di Mandalika.

Makanya, meski tak masuk logika sains, Dorna mengikutkan Rara wara wiri di timnya.

Dorna Sports adalah pemegang hal komersial, perhelatan MotoGP dunia. Di area sirkuit, Dorna adalah penguasanya.

Yang jadi pertanyaan banyak orang, kok bisa saat perhelatan tiba-tiba hujan? Apakah pawangnya gagal?

Baca juga : Jokowi Bakal Serahkan Piala Ke Juara MotoGP Mandalika

Sehari sebelum pertandingan, suhu aspal sirkuit sangat panas. Kisarannya 45-57 derajat Celcius. Karena panasnya, sampai-sampai penyelenggara pertandingan mengurangi jumlah lap yang dilalui rider.

Dari biasanya 23-24 lap, diturunkan ke 16. Terlalu lama landasan dipakai, aspalnya bisa makin panas dan berbahaya bagi rider.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.