Dark/Light Mode

Menyambangi Proyek Formula E

Treknya Sudah Diaspal, Drainase Sudah Dipasang, Kuda Lumping Setengah Jadi

Rabu, 23 Maret 2022 06:45 WIB
Sirkuit Formula E JAKARTA. (Tangkapan layar YouTube 
WPS Channel)
Sirkuit Formula E JAKARTA. (Tangkapan layar YouTube WPS Channel)

 Sebelumnya 
Secara umum, sirkuit sudah cukup rapi. Seluruh permukaan trek telah tertutup aspal tahap pertama yang tebalnya 7 centimeter. Kini, pekerja sedang bersiap untuk pengaspalan tahap kedua atau AC-WC, aspal setebal 5 centimeter.

Narator dalam video itu menjelaskan, belum tahu kapan pengaspalan akan dilaksankan. Namun, sejumlah alat berat untuk pengaspalan sudah berjejer di trek. Pengaspalan tahap kedua ini agar trek lebih halus menutup sambungan.

Nah, zona 5 sepanjang 1 kilometer juga sudah diaspal. Ini kabar cukup menggembirakan. Pasalnya, zona 5 adalah area bekas pembuangan lumpur sehingga sulit dalam pembangunan. Untuk membangun area ini, pihak kontraktor PT Jaya Konstruksi menggunakan metode pemanfaatan cerucuk. Atau memanfaatkan bambu atau kayu laut untuk proses pemadatan tanah.

Di area bagian “kepala kuda” juga terlihat tumpukan material gravel atau bebatuan kecil yang kemungkinan akan dihamparkan di area run off.

Baca juga : WHO: Fase Akut Pandemi Covid Bisa Berakhir Pertengahan Tahun Ini

Di sisi kanan kiri trek juga sudah terpasang drainase. Sebagian sudah tertutup rapi, ada juga yang masih terbuka. Bersamaan pengerjaan drainase, pekerja juga tampak, melakukan penanaman rumput di bahu jalan. Beberapa bagian bahu jalan juga sudah ditutupi rumput, sebagian lagi masih berupa tanah merah.

Di sisi lain, tepatnya di samping Mall ABC, precast atau beton pracetak berjejer rapi. Beberapa sudah ada yang dicat warna biru, warna khas Formula E. Beton ini nantinya akan digunakan untuk MCB, atau pembatas trek line.

Area paddock juga sudah dicor. Semua lantai sudah tercor beton. Paddock adalah area paling steril di sebuah balapan. Hanya pembalap dan kru yang bisa masuk area ini. Di beberapa titik memang terlihat masih ada penambalan aspal.

“Kita doakan saja, semoga pembangunan berjalan lancar. Sehingga gelaran bisa sesuai jadwal,” ucap sang narator, saat menutup video.

Baca juga : Mall Di Semarang Mulai Terapkan Syarat Sudah Divaksin Untuk Pengunjung

Sampai berita ini ditulis tadi malam, video tersebut sudah dikomentar 228 pengguna. Akun @djumilah_zain berharap tak ada lagi polemik. “Persatuan menambah kekuatan, perpecahan membawa kesengsaraan,” tulisnya.

Akun @Simpulbardiono mengaku bangga dengan gelaran Formula E. Kata dia, Indonesia bisa jadi pusat sport otomotif dunia. Setelah MotoGP, kini Formula E. Mudah-mudahan nanti F1 ikutan ada. “Makin keren Indonesia. Semoga lancar jaya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimis pengerjaan sirkuit akan rampung sebelum tenggat waktu. Dia bilang, pembangunan sirkuit kini sudah mencapai 80 persen.

“Tahapan pembangunan selanjutnya adalah penanaman rumput di sepanjang jalur sirkuit,” kata Riza, kemarin.

Baca juga : Kejagung Sudah Kerangkeng 5 Tersangka, Tinggal 1 Lagi

Untuk mengejar target itu, Riza mengatakan, kontraktor telah mengerahkan lebih dari 400 pekerja dan ratusan alat berar. Mereka dibagi dalam tiga shift, kerja siang dan malam 24 jam nonstop. Dalam waktu dekat ini, lanjut dia, panitia akan menjual tiket untuk masyarakat umum. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.