Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mesra Di NasDem Tower

Paloh-AHY Satukan Hati Tolak Penundaan Pemilu

Rabu, 30 Maret 2022 06:35 WIB
Ketua Umun Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) silaturahmi ke Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Kantor NasDem, Jakarta, kemarin. (POOL ADAM DWI/MEDIA INDONESIA).
Ketua Umun Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) silaturahmi ke Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Kantor NasDem, Jakarta, kemarin. (POOL ADAM DWI/MEDIA INDONESIA).

 Sebelumnya 
Lebih jauh, AHY menyampaikan pesan dan harapan SBY agar peran Demokrat dan NasDem di kancah politik nasional semakin membesar. “Semoga NasDem dan Demokrat terus berperan untuk negeri seperti yang sering Pak Surya Paloh dan SBY diskusikan sejak 2004,” papar AHY, disambut anggukan Paloh.

Ada sejumlah elite NasDem yang ikut nimbrung dalam pertemuan itu. Antara lain, Waketum NasDem Ahmad Ali dan Bendahara Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni.

Meskipun, terpaut usia yang cukup jauh, namun obrolan AHY bersama Paloh berlangsung hangat. Bahkan, beberapa kali Paloh cekikikan saat bercengkrama dengan AHY. Menariknya, di sela-sela pertemuan itu, AHY sempat berfoto di belakang meja kerjanya Paloh.

Baca juga : Berkarya Kubu Muchdi PR Fokus Menangkan Pemilu

Usai pertemuan, AHY menjelaskan apa saja yang dibahasnya bersama Paloh. Kata dia, ada banyak hal yang dibicarakan. Namun, yang paling update, yakni sikap Demokrat dan NasDem terkait usulan penundaan Pemilu. Meskipun NasDem dan Demokrat berada di garis politik yang berbeda, yakni oposisi dan pendukung pemerintah, tapi punya sikap yang sama.

“Kami sepakat pemilu tetap digelar pada 2024. Dan, kami juga bersepakat bahwa Demokrat maupun NasDem ingin sukses dalam Pemilu 2024 mendatang,” tegas eks Cagub DKI ini.

Bagaimana dengan Pilpres 2024? Untuk urusan ini, Ahmad Ali dari NasDem yang menjawabnya. Dia bilang, kedua partai masih melihat sosok-sosok potensial untuk dijadikan capres pada 2024. Belum mengerucut ke nama tertentu.

Baca juga : Luhut-Puan Tak Bicara Penundaan Pemilu

“Capres masih terlalu cair untuk dibicarakan. Sama sekali kita tidak bicarakan itu, itu masih terlalu jauh. Seperti dikatakan Pak AHY, kita tidak mau mengunci itu,” ucap Ali.

Ali menegaskan, dalam pertemuan itu, baik NasDem maupun Demokrat belum membahas pencapresan. Namun peluang untuk berkoalisi, sangat terbuka. NasDem pun tak menutup pintu koalisi untuk Pilpres 2024 dengan partai selain Partai Demokrat.

“Semua partai masih dinamis. Yang pasti, bahwa Demokrat dan NasDem sama-sama parpol yang punya visi kebangsaan yang sama. Sehingga peluang untuk melakukan koalisi pada pemilu semua terbuka,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.