Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puasa Di Tengah Pandemi

Ibadah OK, Vaksin Juga OK

Senin, 4 April 2022 06:47 WIB
Vaksin Covid-19 Booster di Kolong Jembatan. (Foto  NG PUTU WAHYU RAMA - RM)
Vaksin Covid-19 Booster di Kolong Jembatan. (Foto NG PUTU WAHYU RAMA - RM)

 Sebelumnya 
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, momentum pelaksanaan salat Tarawih berjemaah di masjid dan musalla, bisa menjadi medium untuk melakukan vaksinasi. Dengan memanfaatkan berkumpulnya jemaah, kata dia, target percepatan vaksinasi dapat dicapai sebelum masa mudik Lebaran 2022.

“Kemenkes perlu juga memastikan ketersediaan vaksin di sejumlah daerah. Besarnya animo masyarakat mengikuti vaksin Covid-19 harus diimbangi dengan pasokan vaksin di lapangan,” tandas Moeldoko.

Netizen mendukung langkah Pemerintah membuka sentra vaksinasi di masjid-masjid. Diharapkan, kebijakan tersebut bisa mendorong masyarakat untuk segera divaksin dan membawa Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19.

Akun @Abd_Rokhman mengatakan, pembukaan sentra vaksinasi di masjid bisa memudahkan masyarakat, khususnya lansia mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga : Purnawirawan TNI Tersangka Kasus Paniai Belum Ditahan, Ini Penjelasan Kejagung

“Nah ini yang seharusnya dilakukan,” ujarnya.

Akun @ElioPze mengatakan, pembukaan sentra vaksinasi di masjid-masjid untuk mengakselerasi vaksinasi Covid-19. @AniBidadari mengapresiasi kebijakan tersebut. Kata dia, beribadah di masjid selama Ramadan dibarengi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 merupakan ide bagus.

“Pemerintah Top,” kata @AniBidadari.

Akun @AryatamaAditya mengatakan, pelaksanaan ibadah salat Tarawih berjamaah di masjid dan musalla merupakan momen yang tepat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Apalagi, MUI sudah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa vaksin tidak membatalkan puasa.

Baca juga : Pemerintah Stop Donasi Vaksin Dari Negara Lain

“Upaya tersebut mampu mempercepat target pemberian vaksin yang ditetapkan Pemerintah,” kata @Ande_Milenial.

Akun @AminJep berharap, percepatan akselerasi vaksinasi dapat dikebut menjelang musim mudik Lebaran 2022. Dengan begitu, kata dia, transisi pandemi menjadi endemi bisa mulus.

“Taat protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi percepat transisi pandemi ke endemi,” timpal @IndonesianPeac.

Akun @toegiono mengungkapkan, pemanfaatan masjid sebagai sentra vaksinasi Covid-19 di beberapa daerah sudah dilakukan sebelum Ramadan. Dia bilang, pemda setempat telah berdiskusi dan sepakat dengan perwakilan masjid.

Baca juga : PBB Ikutan Gugat Preshold Ke MK

Akun @drpriono1 mengajak masyarakat, khususnya lansia untuk segera datang ke sentra vaksinasi terdekat. Baik itu masjid, musalla, pasar dan lainnya. Dia bilang, segera lengkapi vaksinasi dan booster selama bulan Ramadan yang penuh berkah. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.