Dark/Light Mode

Jaga Imun Dengan Makanan Bergizi Saat Berbuka Dan Sahur

Kamis, 7 April 2022 06:44 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama (SHUTTERSTOCK/Odua Images)
Ilustrasi buka puasa bersama (SHUTTERSTOCK/Odua Images)

 Sebelumnya 
Akun @kamissore mengingatkan Masyarakat menjaga imun dengan rajin berolahraga agar tetap sehat dan bugar. Terutama, jaga iman dengan rajin beribadah. “Jaga iman dengan berdo’a dan ikhtiar,” katanya.

Akun @PanjaitanZulham mengatakan, saat berpuasa disunnahkan makan sahur untuk menjaga imun tubuh, hingga mampu maksimal dalam beribadah puasa sampai masuk waktu berbuka puasa atau Maghrib.

“Sistem imun menjadi cara paling efektif mencegah Covid-19. Selama tubuh punya imunitas yang baik, kamu tidak akan mudah terserang virus ini,” kata @JobLikeID.

Baca juga : Jangan Lewatkan Makan Sahur Saat Puasa

Akun @Bpitut berharap masyarakat tidak khawatir imunitas tubuh akan menurun karena puasa di tengah pandemi Covid-19. Sebab, para ahli telah mengungkapkan, rahasia puasa Ramadan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

“Caranya, dengan makanan bergizi saat berbuka dan sahur, istirahat yang cukup, mengelola stres dan olah raga rutin,” ujarnya.

Akun @BakariMugen meminta masyarakat tidak takut divaksin Covid-19. Sebab, vaksin saat puasa aman untuk kesehatan karena akan membentuk kekebalan tubuh agar terhindar dari virus Corona.

Baca juga : Jangan Panik Dengan Varian Baru, Bisa Saja Itu Cuma Fenomena Di Virus

“Vaksinasi Corona dan tes Swab tidak akan membatalkan ibadah puasa. Jadi jangan takut jika memang sedang berpuasa,” ujar @ SellyStephani1.

Akun @Hidayat menjelaskan, ketika puasa, sel akan berjuang lebih survive karena tak ada nutrisi dan biasanya lemak bakal dilahap juga. Puasa bisa menginduksi sistem kekebalan tubuh dan menggeser sel induk dari pasif ke self regenerating.

“Pada saat puasa pasti kekuatan fisik orang akan menurun, sehingga harus lebih berhati-hati menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujar @Truthsconscience. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.