Dark/Light Mode

Mulai Nyalip Prabowo

Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

Jumat, 8 April 2022 06:50 WIB
Mulai Nyalip Prabowo Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa calon presiden terbaru kini mulai dinamis dan alami pergeseran ranking. Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang selama ini kokoh di papan atas, mulai disalip Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dengan menempati posisi teratas, Ganjar makin jauh tinggalkan Ketua DPR Puan Maharani.

Naiknya elektabilitas Ganjar bisa dilihat dari hasil survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Survei SMRC ini dilakukan dengan mewawancarai 1.220 responden pada 13 - 20 Maret 2022. Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasi survei SMRC ini disampaikan dalam diskusi bertajuk “Prospek Capres 2022” yang digelar secara daring, kemarin. Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, lembaganya mengukur elektabilitas capres melalui pertanyaan semi terbuka dengan daftar 43 nama tokoh.

Baca juga : Survei SMRC: Prabowo Sangat Dikenal Tapi Kurang Disukai

Dalam pertanyaan semi terbuka itu, diketahui posisi 3 besar masih milik Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, urutan ranking sudah mulai berganti. Posisi pertama, kini ditempati Ganjar dengan elektabilitas sebesar 18,1 persen.

Ganjar unggul tipis dari Prabowo yang memperoleh 17,6 persen. Sedangkan di posisi ketiga tetap ditempati Anies dengan elektabilitas sebesar 14,4 persen. Mereka yang belum menentukan pilihan ada 13,7 persen.

Nama-nama lain seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Luhut Binsar Pandjaitan hanya memiliki elektabilitas di bawah 4 persen. Sementara dukungan untuk Puan belum banyak berubah. Elektabilitas politisi PDIP itu masih di bawah 1 persen, yaitu 0,8 persen.

Baca juga : Harry Kane Disaranin Tinggalkan Spurs

Nama Puan masuk dalam papan bawah bersama Wapres Ma’ruf Amin, Ketum Golkar Airlangga Hartarto yang mendapat dukungan 0,9 persen.

Meskipun dihajar kasus Wadas, Sirojudin mengatakan, elektabilitas Ganjar naik 8,8 persen dibanding survei pada Maret 2021. Kenaikan elektabilitas juga dialami Anies dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

“Sementara dukungan pada Prabowo mengalami pelemahan dari 20 persen menjadi 17,6 persen,” kata Sirojudin.

Baca juga : Meski Puasa, Sahabat Ganjar Tetap Aktif Bagikan Bantuan

Meskipun ada kenaikan tajam dibanding Maret 2021, Sirojudiin menyebut, elektabilitas Ganjar justru mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir. Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022.

Kenapa elektabilitas Prabowo menurun? Sirojudin menjelaskan, 97 persen publik sudah mengenal atau tahu Prabowo. Namun, hal tersebut tidak diikuti dengan sikap suka oleh pemilih. Ketum Gerindra itu hanya disukai 73 persen dari yang mengenalnya. Berbeda dengan Ganjar. Tingkat pengenalannya baru 69 persen. Namun, disukai 87 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.